Polsek Simanindo Lakukan Pembinaan Ternak Ayam Kampung

Kapolsek Simanindo Iptu T. L. Tobing saat memantau ternak ayam kampung milik masyarakat | JM
Partukkoan - Simanindo

Pihak Kepolisian Sektor Simanindo melakukan pemantauan kegiatan inovasi Bhabinkamtipmas di Desa Garoga dilakukan Kapolsek Simanindo Iptu. T. L.Tobing bersama Bripka Y.R Munthe.

Kegiatan itu berupa pembinaan kepada masyarakat perorangan dan kelompok peternak ayam kampung yang berada di dusun satu Desa Garoga Kecamatan Simanindo.

Kegiatan ternak binaan Bhabinkamtipmas ini tidak terlepas dari peran Kapolsek Simanindo sebagai pimpinan untuk terus mendorong Bhabinkamtibmas supaya dapat berinovasi ditengah-tengah masyarakat dengan tujuan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sana.

Bripka Y.R Munthe ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (7/2/2019), mengaku sangat menghargai semangat para warga dalam berwirausaha.

"Peluang usaha untuk peternakan ayam kampung sangat baik dan saya sendiri pun telah ikut mulai beternak sejak tahun 2014 hingga sekarang dan selama itu tidak menemukan masalah dalam pemeliharaan ayam, hanya saja ada kendala di pemasaran mengingat daya serap pembeli ayam kampung di Kabupaten Samosir masih sangat kecil," kata Y.R Munthe.

Untuk itu lanjut Munthe, Bhabinkamtibmas dan peternak sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten Samosir agar dapat membantu pemasaran ayam kampung tersebut sampai keluar wilayah Kabupaten Samosir guna memperlancar usaha para peternak ayam kampung masyarakat ini.

Disebutkan, ayam kampung yang diternakkan adalah ayam kampung super yang lama pemeliharaannya selama 3 bulan sehingga dapat menghasilkan per ekornya rata-rata 1,2 Kg per ekor dengan metode pemberian pakan olahan yang dibuat sendiri namun tidak mengurangi sumber protein yg dibutuhkan oleh ayam tersebut.

"Jadi tidak seluruhnya menggunakan pakan pabrikan (Voer/pellet - red). Gunanya untuk menekan biaya operasional mengingat harga pakan ternak sangat mahal," pungkas Munthe. (JM)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment