3 Dekade Jadi Presiden, Nursultan Nazarbayev Putuskan Mundur

Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev | net
Partukkoan

Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev memutuskan dirinya mengundurkan diri dari jabatannya setelah kurang lebih 30 tahun memimpin di negara Asia Tengah itu.

Nursultan Nazarbayev menjadi Presiden sejak tahun 1989. Ia kini telah berusia 78 tahun dan mengumumkan pengunduran dirinya dari negara bekas republik Soviet.

"Saya membuat keputusan yang tidak mudah bagi saya, untuk mengundurkan diri sebagai presiden," kata Nazarbayev dalam pidatonya, seperti dilaporkan Channel News Asia, Rabu, 20 Maret 2019.

Sebagai gantinya, Ketua Majelis Tinggi Parlemen Kassym-Jomart Tokayev mengambil alih sebagai penjabat presiden Kazakhstan. Tokayev merupakan mantan perdana menteri dan diplomat karier.

Nazarbayev telah banyak membantu menarik puluhan miliar dolar dari perusahaan-perusahaan energi asing. Ia mengatakan akan terus memimpin Dewan Keamanan dan tetap menjadi pemimpin partai Nur Otam yang saat ini mendominasi parlemen. Masa jabatannya berakhir pada Maret 2020.

Langkah ini dilakukan pasca meningkatnya ketidakpuasan sosial dan proses pemulihan ekonomi, sejak kejatuhan harga minyak pada tahun 2014 lalu. 

Hal itu ditambah dengan sanksi barat kepada Rusia, yang merupakan mitra dagang utama bagi Kazakhstan, juga menekan perekonomian negara tersebut. (Vv/p)


loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment