4 Gunung Berapi Ini Masuk Dalam Pantauan BNPB

Gunung Berapi | net
PARTUKKOAN

JAKARTA - Indonesia memiliki beberapa gunung berapi yang cukup dikhawatirkan jika sampai terjadi letusan. Namun pihak BNPB menyampaikan agar, masyarakat tidak perlu terlalu khawatir, karena sudah tersedia berbagai macam perlatan untuk mendeteksi hal itu.

Melansir liputan6.com, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja mengungkapkan, ada empat gunung berapi aktif yang perlu diwaspadai.

Dia menyebutkan, gunung berapi pertama adalah Gunung Bromo. Saat ini kondisi Gunung Bromo di level waspada. Untuk itu, Wisnu meminta, masyarakat maupun pengunjung tidak perlu khawatir dengan erupsi yang terjadi asalkan mematuhi imbauan dan larangan yang ditetapkan.

"Ini yang terjadi di Bromo, Level masih Waspada, ini juga kaitannya nanti pariwisata. Nggak usah terlalu khawatir di sana selama tidak masuk pada zona 1 kilometer dari kawah," terangnya di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (29/3).

Wisnu menambahkan, masyarakat dan pengunjung masih bisa mendatangi lokasi wisata Gunung Bromo, tetapi dengan syarat tetap berada di jarak aman 1 kilometer dari puncak kawah.

Gunung berapi kedua yang menjadi perhatian BNPB adalah Gunung Agung di Bali. Dikatakannya, aktivitas Gunung Agung kini berada di level siaga. Beberapa letusan juga kerap terjadi, namun letusan terbilang kecil.

"Ini masih tetep Levelnya III walaupun ada letusan-letusan," sebutnya.

Selain itu, ada juga Gunung Karangetang. Wisnu menuturkan, gunung yang terletak di Sulawesi Utara ini terpantau masih memperlihatkan aktivitasnya. Radius bahaya yang bisa dilewati masyarakat untuk beraktivitas di area Gunung Karangetang tinggal 2,5 kilometer.

"Ini Karangetang, ternyata radiusnya tinggal 2,5 kilometer dari puncak kawah saja yang dinyatakan berbahaya," katanya.

Para penduduk yang saat ini masih mengungsi juga sudah diperbolehkan kembali ke rumah. Sebab masih ada beberapa warga yang terlalu takut untuk meninggalkan pengungsian.

"Nantinya ini para penduduk yang mengungsi saat ini sudah diperbolehkan kembali, kecuali untuk 5 rumah saja yang terancam dari situ. Sehingga informasi ini penting, kepada warga karena hanya takut. Itu beberapa desa tidak mau kembali, akhirnya repot semuanya," ungkap Wisnu.

Dan gunung yang ke empat adalah Gunung Anak Krakatau. Wisnu mengatakan gunung yang terletak di Banten ini masih menunjukkan aktivitasnya. Saat ini aktivitas Gunung Anak Krakatau di level waspada.

"Positifnya adalah untuk krakatau turun dari level III (siaga) ke waspada. Dengan turunnya level ini, ini rekomendasi untuk daerah aman itu ada di 2 kilometer," ujar Wisnu.

Tak hanya itu, tambah Wisnu, di daerah tersebut kini sudah dilengkapi berbagai macam peralatan. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi di sana.

"Dan positifnya lagi setelah kita di bulan Desember terkena tsunami, sekarang ada demikian banyak peralatan yang kita siapkan di sana. Jadi untuk manusianya ngga usah khawatir di sana karena semua peralatan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan di sana," tambah Wisnu. (Lp6/P2)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment