Mahfud MD: KPU Harus Profesional dan Independen

Mahfud MD
Partukkoan 

JAKARTA - Mantan Ketua MK Mahfud MD menghimbau agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar kampanye terbuka. Pasalnya, menurut pengalamannya di pesta demokrasi, kerap terjadi pelanggaran yang kurang mendapat tindakan tegas para penyelenggara Pemilu.

"Bawaslu harus berani tegas mengambil tindakan, terutama KPU harus profesional dan tegas menyikapi semua kontestan sama. Karena kalau KPU tidak netral itu jadi sumber bencana," tutur Mahfud ketika menjadi salah satu pembicara dalam diskusi Aliansi Anak Bangsa untuk Indonesia di Hotel Treva, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

Pemerhati bangsa itu melihat pegawasan dan tindak-tanduk penyelenggara Pemilu masih dalam koridor yang baik. Tapi, memang harus perlu kewaspadaan khusus jelang 17 April 2019.

"Besok-besok aja mulai kampanye terbuka dan sampai pemungutan suara harus super hati-hati. Aparat keamanan polisi kemudian Bawaslu kemudian pengawasan, KPU harus benar profesional dan independen, kalau ingin selamat," sebut dia memperingatkan.

Proses kampanye terbuka Pemilu 2019 diharapkan dapat mengemukakan gagasan, ketimbang kritik negatif. Apalagi, jika menggunakan kampanye hitam di luar fakta.

"Black campaign itu sesuatu yang tidak ada diada-adakan seakan akan orang melakukan jelek, padahal itu tidak ada. Tapi misalnya, misal kalau itu ada faktanya silakan," tandas Mahfud. (Mdk/p)


loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment