Pemkab Samosir Gelar Musrenbang penyusunan RKPD 2020

Partukkoan

PANGURURAN - Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten di Hotel JTS Parbaba, 25/03. Musrenbang ini akan dilaksanakan selama dua hari 25 s/d 26 Maret 2019.

Turut hadir Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Kadis Satuan Polisi Pamong Praja Propsu Anthony Siahaan, Pimpinan dan anggota DPRD Samosir, Sekdakab Samosir, Wakapolres Samosir, Pabung 0210 TU, seluruh pimpinan OPD, para camat serta FKTM.

Musrenbang bertujuan untuk menyusun rencana kerja Pemkab Samosir tahun 2020. Sebelumnya, musrebang tingkat kecamatan juga sudah digelar pada masing-masing kecamatan dan diperoleh usulan prioritas pembangunan. 

Usulan dari masing-masing kecamatan dibahas dan dirembukkan kembali dalam musrenbang tingkat Kabupaten. Musrenbang tingkat kabupaten ini akan menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir Tahun 2020 menghadirkan Narasumber dari Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN/Bappenas RI, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kemen. PUPR, Direktur Utama BP. 

Kemudian Badan Otorita Danau Toba, Kepala Balai Besar Jalan Nasional I Medan, Kepala Balai Sungai Sumatera II, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Kepala Dinas Tananman Pangan dan Holtikultura Prov.SU, Kepala BPS Kabupaten Samosir.

Musrenbang Kabupaten Samosir dibuka secara resmi oleh Gubsu yang diwakili Kadis Satuan Pol PP, Anthony Siahaan. 

Dikatakan, penyusunan RKPD Kabupaten Samosir harus terukur dan disepakati bersama. Dengan demikian akan dapat mewujudkan Sumatera Utara yang sejahtera.

Gubsu mengharapkan penyusunan RKPD Kabupaten Samosir 2020 dapat menurunkan angka kemiskinan, pengangguran serta dapat menguatkan kewirausahaan juga pendidikan.

Thema musrenbang 2019 ini ialah "Mendorong kemandirian masyarakat untuk memantapkan nilai tambah bidang pariwisatadan pertanian.

Melalui thema tersebut, Pemerintah Kabupaten Samosir lebih memprioritaskan dan meningkatkan pembangunan di bidang kepariwisataan dan pertanian untuk kesejahteraan masyarakat Samosir.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM mengutarakan, perencanaan pembangunan baik dibidang Sumber Daya Manusia, ekonomi dan infrastruktur harus didasarkan dan disesuaikan dengan RPJMD Kabupaten Samosir 2016-2021.

Lebih lanjut dikatakan bahwa RKPD 2020 merupakan program prioritas pembangunan yang merupakan kebutuhan rakyat. Seluruh program tersebut juga harus disinkronkan dengan program dari pemerintah propinsi dan pusat sehingga program pembangunan tersebut saling mendukung. (***/JM)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment