Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Pemilu Serentak 2019


Sosialisasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, anggota DPR-RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di Aula Hotel Gorat Palipi, Kecamatan Palipi, Rabu (13/03/2019).
PARTUKKOAN

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar Sosialisasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, anggota DPR-RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di Aula Hotel Gorat Palipi, Kecamatan Palipi, Rabu (13/03/2019).

Kegiatan Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Jabiat Sagala, M.Hum. 

Pada acara tersebut juga dihadiri narasumber yakni Kapolres Samosir, Kejari Samosir, Ketua KPU Samosir, Ketua Bawaslu Samosir serta Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan Rakyat.

Sosialisasi Pemilihan Umum Serentak tahun 2019 itu mengangkat Tema "Mari Sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019, Pilihan Boleh Berbeda, Persatuan dan Kesatuan Bangsa Harus Kita Jaga".

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon dalam sambutannya mengatakan, Pemilihan umum adalah pesta demokrasi sebagai sarana menggunakan hak pilih untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta Wakil Rakyat yang akan di gelar pada 17 April 2019 mendatang.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpikir jernih, bijak dan cerdas dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden RI serta para calon wakil rakyat (DPD, DPRRI, DPRD Provsu, DPRD Kabupaten/Kota) untuk 5 Tahun ke depan.

Dalam pelaksanaan Pilpres dan Pileg, Bupati menghimbau para jajaran Kepolisian dan TNI sebagai pihak pengamanan mampu menjaga keamanan sebelum, sesaat dan sesudah pelaksanaan pemungutan suara tetap aman terkendali.

"Tim Pemantauan perkembangan politik Pileg dan Pilpres agar tetap melakukan pemantauan dan monitoring yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan umum secara khusus di wilayah Kabupaten Samosir," ucapnya.

KPU Samosir sebagai penyelenggara dapat melaksanakan tahapan Pileg dan Pilpres sesuai jadwal yang sudah ditetapkan dengan baik, Bawaslu Samosir agar tetap mencermati setiap potensi pelenggaran yang terjadi, para ASN agar tetap menjaga asas netralitas dan sumpah/janji Korpri (tidak berpihak/memihak kepada salah satu pasangan calon.

Sementara para siswa/pelajar usia 17 Tahun (Pemilih pemula) agar dapat menggunakan hak pilihnya, para media (insan pers), Ormas, LSM, OKP, tokoh masyarakat agar ikut serta berkontribusi dalam penyampaian informasi yang benar kepada masyarakat untuk mendorong terciptanya kondusifitas keamanan di tengah-tengah masyarakat.

Sementara para Camat dan Kepala Desa/Lurah agar ikut serta meningkatkan perannya untuk menghimbau dan mendorong jajaran staf dan warga masyarakat untuk berperan aktif menggunakan hak pilihnya serta mendukung terciptanya kondisi ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Bupati berharap agar pelaksanaan pemilihan di Kabupaten Samosir dapat mencapai target partisipasi pemilih dengan persentase tertinggi dari seluruh Kabupaten/kota di Indonesia.

Di lokasi yang sama, Kepala Kantor Kesbangpol Samosir Drs. Paris Manik dalam laporannya menyebutkan, diselenggarakannya Sosialisasi Pemilu Serentak dengan tujuan untuk menyerbarluaskan informasi yang berkaitan dengan Pilpres dan Pileg sekaligus menghimbau dan mendorong jajaran ASN, Perangkat Desa dan masyarakat untuk berperan aktif menggunakan hak pilihnya serta mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat, dapat menambah pemahaman bersama tentang pemilu serentak khususnya di Kabupaten Samosir dan sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih.

Peserta Sosialisasi terdiri dari Aparatur Kantor Camat, Petugas kesehatan/Para medis, Guru SMA/SMK, para pelajar/siswa (Pemilih pemula), Perangkat Desa dan Masyarakat dari 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Palipi, Nainggolan, Onan Runggu dan Sitio-Tio. (Rel/JM)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment