Pemkab Samosir Sosialisasi PP. 24 Tahun 2018

Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik melalui aplikasi Online Single Submission di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (27/3).
Partukkoan

SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu melaksanakan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik melalui aplikasi Online Single Submission di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (27/3).

Acara sosialisasi itu dibuka Bupati Samosir yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Jabiat Sagala, SH, M.Hum.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Resman Simbolon dalam laporannya menyampaikan, sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pelayanan perizinan bagi masyarakat dan pelaku usaha melalui layanan teknologi informasi berbasis aplikasi Online Single Submission (OSS) sesuai amanat PP. 24 Tahun 2018. 

Pemkab Samosir melalui Dinas PMPTST lanjut Resman, sejak 21 Juli 2018 telah melakukan pendaftaran perizinan secara online dan telah menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebanyak 196 izin, SIUP sebanyak 98, Ijin Usaha Jasa Konstruksi sebanyak 8 dan Usaha Mikro sebanyak 3 Izin.

Bupati Samosir melalui Sekda Drs. Jabiat Sagala, SH, M.Hum dalam sambutannya menyambut baik sosialisasi ini sebagai sarana pembekalan, penambahan wawasan dalam pelaksanaan perizinan secara online dengan harapan mewujudkan cita-cita bersama demi terselenggaranya perizinan yang cepat dan tepat, transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

Sebagaimana untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pembangunan yang mendukung kelancaran ekonomi dan pelayanan publik sesuai dengan Visi Kabupaten Samosir, salah satu upaya adalah dengan mendorong minat para investor untuk menanamkan modal di Samosir dengan memberikan kemudahan perizinan berusaha.

Sekda menambahkan, dengan bergesernya model pelayanan menjadi berbasis online, maka ada perubahan paradigma, dari semula pemerintah yang berperan sebagai pemberi izin sekarang ini menjadi penyedia layanan perizinan. 

"Oleh karena itu, melalui aplikasi ini diharapkan memberikan banyak manfaat khususnya kemudahan bagi kalangan pelaku usaha," imbuh Jabiat.

Peserta pada kegiatan tersebut terdiri dari OPD teknis, Camat, Instansi Vertikal, Asosiasi Pelaku Usaha di Kabupaten Samosir. Sementara sebagai narasumber pada kegiatan itu yakni dari Badan Koordinasi Penanaman Modal RI diantaranya Franky M. Tampubolon, Sri Widyastuti, S.Si dan Ibu Vivi. (*/JM)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment