Pengusaha Hiburan Malam di Samosir Dihimbau Patuhi Peraturan

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga saat berkunjung ke Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Kamis (21/03/2019).
Partukkoan

Usaha hiburan malam di Kabupaten Samosir ternyata masih ada yang belum mengurus izin usahanya. Bahkan ada juga Izin usaha tersebut yang sudah tidak berlaku lagi atau belum diperpanjang.

Hal ini terungkap ketika Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga melakukan pembinaan terhadap pengusaha hiburan malam di Kecamatan Simanindo, Kamis (21/03). 

Bersama Kadis Perizinan, Kasat Pol PP, Pariwisata, Lingkungan hidup, Kabag Humas, Wakil Bupati Samosir mengunjungi lokasi penyedia hiburan malam.

Mengetahui hal itu, Dinas perizinan dan pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Samosir langsung memberikan teguran pertama (I) kepada pengusaha yang belum memiliki izin maupun yang izinnya sudah tidak berlaku lagi.

Juang menegaskan, dalam waktu 14 hari diberikan kesempatan untuk mengurus ijin sejak diberikannya surat teguran. Apabila pengusaha belum mengurus akan ditegur kembali dengan teguran kedua dan ketiga.

Namun jika belum juga diurus maka akan dilakukan penutupan usaha. Untuk itu dihimbau agar seluruh pengusaha mentaati aturan yang ada.

"Pemerintah tidak ada maksud untuk mempersulit maupun menutup usaha yang ada, sepanjang masih taat aturan dan tidak meresahkan masyarakat. Untuk itulah saat ini dilakukan identifikasi dan pembinaan terhadap pengusaha," kata Juang seperti dikutip dari laman facebook Humas Samosir, Kamis (21/03/2019).

Dalam menjalankan usahanya kata Juang, pengusaha diwajibkan juga sadar akan tanggung jawab untuk membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Ditegaskan kembali, bahwa izin usaha yang diurus harus sesuai dengan aktifitas yang berlangsung di dalamnya dan apabila menyimpang, akan dilakukan penindakan. 

Pengurusan izin seluruhnya gratis diluar biaya yang diatur undang-undang. "Jangan ada uang pelicin untuk mempermulus izin. Segera urus izin anda dan akan langsung ditindaklanjuti," tegas Wabup.

Seluruh usaha akan ditertibkan, namun tahap pertama yang dilakukan adalah memberikan pembinaan untuk melengkapi izin tempat yang menyediakan hiburan malam seperti pub, bar, kafe termasuk karaoke. 

Pada kesempatan itu, pemilik usaha menandatangani surat pernyataan bersedia mengurus izin.

Juang menambahkan, pengusaha tidak perlu ragu mengurus izin. Dengan izin yang lengkap akan menambah keyakinan dan kenyamanan pengunjung.

Sebagai daerah wisata, pengusaha juga bertanggung jawab menjaga nama baik Kabupaten Samosir dari tanggapan miring para pengunjung. 

Sementara salah satu pengusaha hiburan malam Brando Blues Bar mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemkab Samosir dan menyatakan kesediaanya dalam pengurusan izin. (**/JM)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment