PM Selandia Baru Kecam Keras Penembakan Brutal di 2 Masjid


Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern
PARTUKKOAN

Wellington - Penembakan secara brutal di 2 Masjid di Christchurch membuat Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern marah. Ia pun mengecam keras tindakan keji yang mengakibatkan 40 orang tewas.

Dengan tegas, PM Adern menyebut penembakan brutal ini sebagai serangan teroris. "Kami meyakini 40 orang kehilangan nyawa mereka dalam aksi kekerasan ekstrem ini," ucap PM Ardern dalam konferensi pers seperti dikutip dari Reuters, Jumat (15/3/2019). 

"Sudah jelas bahwa ini sekarang hanya bisa disebut sebagai sebuah serangan teroris," tegas PM Ardern. 

Laporan reuters menyebutkan, dari 40 korban tewas, 30 orang tewas dalam penembakan berada di Masjid Al Noor di Deans Ave dan 10 orang lainnya tewas dalam serangan di sebuah masjid di pinggiran Linwood. "Ini merupakan salah satu hari terkelam Selandia Baru," ucapnya.

Menurut PM Ardern, serangan ini diduga telah direncanakan dengan matang. Dia juga mengatakan bahwa Selandia Baru dipilih sebagai lokasi serangan karena nilai-nilai multikulturalnya yang kuat.

"Kita terpilih karena kita mewakili keberagaman, belas kasih yang penuh kebaikan, sebuah rumah bagi orang-orang yang berbagi nilai-nilai kita, tempat pengungsian baru bagi orang-orang yang membutuhkan dan nilai-nilai itu, saya bisa pastikan, tidak akan dan tidak bisa terguncang oleh serangan ini," tegasnya seperti dilansir CNN. 

"Kami sungguh mengecam dan menolak Anda," katanya.

Pihak otoritas setempat dikabarkan telah menangkap tiga pria dan satu wanita terkait penembakan brutal ini. PM Ardern mengatakan jika mereka yang ditangkap diketahui memiliki pandangan ekstremis, namun tidak masuk dalam daftar pengawasan polisi.

Diainggung soal mengapa dinas intelijen Selandia Baru tidak mengawasi mereka, PM Ardern menjawab hal itu menjadi pertanyaan besar untuk intelijen. "Saya pikir kita harus waspada terhadap gagasan ideologi ekstrem dan aksi kekerasan," tandasnya.

PM Ardern mengakui jika Selandia Baru saat ini ada pada level ancaman keamanan tertinggi. (dtc/cnn/p)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment