Waspada, PSK di Lokasi Ini Terjangkit HIV/AIDS

Ilustrasi
PARTUKKOAN

Pasuruan - Pihak petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasuruan melakukan razia di kawasan Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan. Hasilnya, sebanyak delapan PSK yang mangkal di kawasan itu terjaring razia dan satu diantaranya dinyatakan positif HIV/AIDS.

"Benar, satu dari delapan PSK yang diamankan tadi malam positif HIV/AIDS," kata Kepala Seksi Operasi Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Pasuruan Ajar Dollar seperti dikutip dari detik.com, Selasa (5/3/2019).

Para PSK tersebut diamankan kemudian dilakukan pemeriksaan medis di Kantor Sat Pol PP, Desa Raci, Kecamatan Bangil. Dari hasil pemeriksaan itu diketahui ada seorang PSK positif mengidap HIV/AIDS.

Kasus HIV/AIDS PSK Tretes ini kata Dollar, bukan kali ini saja terjadi. Dalam beberapa razia yang dilakukan pihaknya di kawasan wisata keluarga tersebut juga ada PSK yang terjangkit HIV/AIDS.

"Razia-razia sebelumnya juga sering, satu-dua PSK positif HIV," sebutnya.

Lebih lanjut, untuk PSK yang terjangkit HIV/AIDS akan mendapatkan penanganan khusus. Sementara yang negatif langsung disidang di Pengadilan Negeri Bangil. Mereka dijerat Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

"Langkah yang dilakukan bagi mereka yang positif HIV/AIDS, Sat Pol PP berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Mereka diberikan penanganan khusus," ucap Plt Kepala Dinas Sat Pol PP, Anang Syaiful Wijaya, terpisah.

Pihaknya tambah Anang, akan berkoordinasi dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan Dinas Sosial.

"Mereka kemudian akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah asal (PSK) untuk dipulangkan," katanya.

Delapan PSK diciduk Sat Pol PP di Tretes dalam razia yang berlangsung Senin malam hingga Selasa (5/3) dini hari. Usia mereka rata-rata 20-24 tahun. Terdapat 2 PSK yang berumur di atas 30 tahun.

Seperti diketahui, Penyakit HIV/AIDS merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Virus yang melemahkan daya tahan tubuh ini dapat menular melalui hubungan seksual. (dtc/p2)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment