516 KK di Simanindo Kabupaten Samosir Terima Bantuan PKH

Pemberian bantuan sosial secara simbolis kepada penerima PKH di Simanindo | ist
Partukkoan

SIMANINDO - Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dan Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga menyerahkan secara simbolis bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II kepada 516 KK penerima bantuan PKH se-Kecamatan Simanindo di komplek Kantor Camat Simanindo, Kamis (11/04).

Selain Bupati dan Wakil Bupati Samosir, turut hadir Kadis Pengendalian Penduduk & KB, Plt. Kadis Sosial, Kabag Umleng, Camat Simanindo dan Kepala Desa Se-Kecamatan Simanindo.

Jumlah penyerahan bantuan PKH tahap II sebanyak 516 KK Kecamatan Simanindo sebesar Rp. 546.475.000 (Lima Ratus Empat Puluh Enam Juta Empat Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah).

Dalam acara itu, Bupati Samosir menyampaikan, bantuan PKH merupakan program Pemerintah Pusat dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik serta masyarakat dapat hidup mandiri.

"Untuk itu pergunakanlah bantuan tersebut dengan baik, sehingga kedepan para penerima bisa berganti dengan masyarakat lainnya yang membutuhkan," katanya.

Informasi yang dirangkum partukkoan Sabtu (13/04/2019), Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Hal itu dilakukan sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

"PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI," demikian keterangan yang dikutip partukkoan dari situs resmi Kemensos.go.id

Lebih lanjut, berbagai penelitian ternyata memperlihatkan jika PKH mampu mengangkat penerima manfaat keluar dari kemiskinan, meningkatkan konsumsi keluarga, bahkan pada skala yang lebih luas mampu mendorong para pemangku kepentingan di Pusat dan Daerah untuk melakukan perbaikan infrastruktur kesehatan dan pendidikan. (*/Freddy)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment