Caleg Kurang Dikenal Pemilih, 11 Partai Terancam Tak Lolos

Partukkoan

Jakarta - Menurut surver terbaru yang dilakukan Lingkar Survei Indonesia (LSI), terdapat 11 partai 11 partai terancam tak lolos ambang batas parlemen 4 persen. Hal itu terjadi karena para caleg kurang dikenal pemilih.

"Hasil survei LSI mengungkap, 70,6 persen responden menyatakan tidak kenal caleg. Hanya 25,8 persen mengaku kenal. Sedangkan sisanya 3,6 persen menyatakan tidak menjawab," ucap peneliti LSI Rully Akbar dalam jumpa pers di Kantor LSI, Jakarta Timur, Jumat (5/4).

Berdasarkan 25,8 persen itu, lembaga itu menemukan tingkat keberpengaruh caleg dan partai ternyata hanya sebesar 15,6 persen. Artinya, hanya seperempat kue persentase elektabilitas partai yang dapat dihasilkan dari caleg masing-masing partai.

Minimnya sumbang suara caleg terlihat, dari hasil ranking elektabilitas partai yang menunjukkan dominasi partai lama. Mereka kokoh di puncak klasemen, bahkan lima dari 16 partai dipastikan LSI lolos ambang batas parlemen 4 persen.

"Jika tidak blunder, hampir pasti mereka lolos. Mereka sejak survei pertama kami Agustus 2018 konsisten elektabilitas di atas 4 persen," jelas Rully," terang Rully.

Menurut informasi, survei rilisan terbaru LSI dilakukan secara nasional di 34 provinsi pada rentang 18 Maret hingga 26 Maret 2019. Metode digunakan adalah multistage random sampling.

Total responden dihimpun adalah 1200 orang yang telah memiliki hak memilih di Pemilu 2019. Model wawancara dilakukan adalah tatap muka, dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen.

Berikut ranking elektabilitas partai survei terbaru LSI:

PDIP 24,6 persen

Gerindra 13,4 persen

Golkar 11,8 persen

Demokrat 5,9 persen

PKB 5,8 persen

PKS 3,9 persen

Perindo 3,9 persen

PAN 3,1 persen

Nasdem 2,5 persen

PPP 2,9 persen

Hanura 0,9 persen

Berkarya 0,7 persen

PBB 0,2 persen

PSI 0,2 persen

PKPI 0,1 persen

Garuda 0,1 persen

Reporter: M Radityo

(Lp6/mdk)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment