Gereja Notre Dame Terbakar, Artefak Berharga Berhasil Diselamatkan

Petugas berusaha memadamkan api yang membakar Gereja Notre Dame | foto: reuters
Partukkoan

Gereja Notre Dame mengalami kebakaran pada Senin (15/4) sore waktu setempat. Sebanyak 400 petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan gereja yang dibangun pada abad 12 itu.

Dalam mengatasi kebakaran itu, Petugas pemadam kebakaran Prancis dengan cepat bertindak sehingga struktur bangunan Gereja Katedral Notre Dame lepas dari lahapan api.

Selain itu, petugas juga berhasil menyelamatkan beberapa artefak berharga dengan bergegas masuk ke dalam gereja.

Mengutip dari AFP, dua artefak yang diselamatkan di antaranya Mahkota Suci Duri dan tunik suci yang dikenakan raja Prancis abad ke-13 Louis. Keduanya yanh hingga saat ini tak tergantikan berhasil diselamatkan saat api masih berkobar di gereja. 

"Petugas pemadam kebakaran juga bekerja untuk melindungi bagian belakang gedung di mana artefak paling berharga berada," kata Kepala Dinas pemadam kebakaran Paris Jean-Claude Gallet kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa (16/4/2019).

Gallet menuturkan, pasca runtuhnya atap gereja, operasi pemadaman difokuskan untuk menahan inferno dan mencegah api menyebar ke dua menara gereja di fasad barat. Petugas pemadam kebakaran terus berjuang untuk mencegah menara ikut runtuh karena dilalap api yang terus membesar. 

Namun dalam pejuangan memadamkan kobaran api yang semakin membesar, dikabarkan seorang petugas pemadam mengalami luka parah.

"Sekarang kami yakin bahwa dua menara di Notre Dame telah diselamatkan dan dilestarikan," ucap Kepala petugas kebakaran Paris, Jean Claude Gallet, seperti dikutip dari Reuters. (P5/dt)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment