Kasus Suap, Bupati Labuhanbatu Divonis Tujuh Tahun Penjara

Bupati Labuhanbatu non aktif Pangonal Harahap yang juga terdakwa kasus korupsi (kanan) usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Tipikor Medan, Sumatera Utara, Kamis (4/4/2019) | Sumber foto: Antarasumut/Septianda Perdana
Partukkoan

Medan - Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan vonis kepada Bupati Labuhanbatu non aktif Pangonal Harahap, Kamis (04/04) dengan hukuman tujuh tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider dua bulan kurungan.

vonis itu diberikan karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan menerima suap dalam free proyek di lingkungan Pemkab Labuhanbatu tahun anggaran 2018 senilai Rp42,28 miliar dan uang 218.000 dolar Singapura.

Majelis hakim yang diketuai Irwan Effendi di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan, dalam amar putusannya menyebutkan Pangonal Harahap dinyatakan terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 12 huruf a UU RI nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana jo pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

"Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," katanya dikutip dari antara.

Sebelumnya putusan majelis hakim ini lebih rendah dari tuntutan yang diberikan penuntut umum KPK yakni delapan tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider empat bulan kurungan. 

Persidangan kasus ini adalah lanjutan dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK di Jakarta dan Labuhanbatu pada tanggal 27 Juli 2018. Dalam OTT ini KPK menangkap Bupati Labuhanbatu di Jakarta dan pengusaha Effendi Syahputra alias Asiong di Labuhanbatu.

Pangonal Harahap sebagai bupati telah melakukan beberapa perbuatan berlanjut yakni menerima suap atau hadiah berupa uang yang seluruhnya mencapai Rp42,280 miliar serta 218.000 uang dolar Singapura dari salah seorang pengusaha Direktur PT Binivan Konstruksi Abadi, Effendi Syahputra alias Asiong dalam untuk beberapa proyek di Labuhanbatu. (ant/P)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment