KPU Tegaskan Tidak Berbuat Curang

Komisioner KPU, Viryan Aziz | net
Partukkoan

MEDAN - Adanya berbagai tuduhan kecurangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait Pemilihan Presiden 2019 dibantah dengan tegas oleh pihak KPU. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

Melansir viva.co.id, Senin (22/04/2019), Komisioner KPU, Viryan Aziz, menyampaikan, pemilihan umum memang soal kepercayaan masyarakat. Dia mengklaim KPU telah melaksanakan prinsip keterbukaan. Dalam aspek sumber daya manusia pun sudah terjamin sehingga tidak mungkin melakukan kecurangan.

"KPU sangat sadar bahwa pemilu ini soal kepercayaan, maka prinsip keterbukaan itu secara dalam, aspek sumber daya manusia sudah terjamin tidak mungkin, misalnya ada tudingan KPU curang," ucap Viryan.

"Bagaimana curang, orang jajaran di KPPS itu ada 810 ribu, tidak mungkin itu bisa melakukan kecurangan secara sistematis oleh KPU RI. Enggak mungkin," lanjutnya.

Viryan bahkan mengatakan, banyak petugas KPU yang sakit dan telah meninggal dunia. Itu bentuk dari kompleksitas pemilu.

"Yang jelas sebagian teman-teman kami meninggal, sakit. Kan menunjukkan makna lain dari kompleksitas pemilu itu. Beban kerjanya luar biasa berat dan ini jadi perhatian kita," ujarnya.

Viryan menuturkan, isu kepercayaan publik hanya bisa dijawab dengan transparansi pemilu. Ia berjanji akan terus transparan.

"Jadi KPU sejak awal berupaya terus transaparan, namun transparan KPU ini memang pada beberapa waktu dilihat sejumlah kalangan berbeda," imbuhnya.

Dia menyebutkan, tuduhan terhadap KPU curang itu tidak mendasar. Justru ia menilai hal tersebut bagian dari dampak transparansi kinerja KPU.

"Iya, tidak mendasar. Artinya, itulah dampak dari transparansi kerja KPU. Publik bisa mengoreksi, publik bisa mengkritisi, dan KPU selalu responsif terhadap hak-hak itu," pungkasnya. (Vv/P)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri M

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment