Meresahkan Masyarakat, Polisi Tak Segan Tembak Mati Pelaku Kriminal Jalanan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo | doc. Polri
Partukkoan

JAKARTA - Para pelaku kriminal jalanan yang sudah meresahkan masyarakat bakal mengalami hal yang tidak dipernah dibayangkan. Pasalnya pihak kepolisian tidak akan segan menembak mati para bandit jalanan. Perlu diketahui tembak di tempat sudah sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap).

"Tentu akan melakukan tindakan tegas dan terukur sesuai Perkap 01 tahun 2010 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengutip dari Okezone, Sabtu (13/04/2019).

Bagi penjahat jalanan, Dedi dengan tegas mengatakan jika pihaknya tidak akan pandang bulu. Baik mereka yang tergabung dalam komplotan atau sindikat maupun yang beraksi secara perorangan (individu).

Menurutnya, bandit jalanan terdiri dari dua tipe, diantaranya ada yang memang terstruktur dengan jaringan yang terkoordinir. Adapula yang bergerak sendiri untuk kepentingan pribadi semata.

"Kelompok terorganisir ada leader-nya kaki tangan dan penadah. Ada juga kejahatan yang parsial, pelakunya cuma 1-2 orang. Jadi, ada dua versi. Namun yang jelas, yang lebih besar kejahatannya itu yang teroganisir, karena dia komplotan tertentu, mulai dari Jakarta, Jawa, Sumatera," ungkapnya.

Dirinya mengakui, pelaku kejahatan jalanan yang kadang meresahkan adalah mereka yang berkomplot. Untuk itu polisi tambah dia, akan melakukan pengusutan terhadap jaringan bandit jalanan sampai ke akar-akarnya.

"Ketika kami berhasil mengungkap kami akan ungkap sampai ke akar-akarnya. Aktor intelektualnya siapa sebagai pelaku lapangan siapa penadah tentu semua dituntaskan penyidik gun menutup gerak kejahatan tersebut. Itu dikenbangkan sampai tuntas," pungkas Dedi. (Okz/FS)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment