Pemkab Samosir Laksanakan Pelatihan Tata Kelola Pariwisata

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon membuka acara pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Hotel Parbaba Beach, Kamis (25/04).
Partukkoan

SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisata melaksanakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Hotel Parbaba Beach, Kamis (25/04). Hal itu dilakukan guna meningkatkan kapasitas SDM Pariwisata.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, secara langsung membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan, Kabupaten Samosir sebagai kekuatan utama pariwisata dan magnet bagi datangnya wisatawan domestik dan mancanegara ke kawasan danau toba.

"Harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik dari sisi Competence maupun Performance," katanya.

Competence lanjut Rapidin, bermakna SDM pariwisata baik sebagai pelaku jasa pariwisata maupun masyarakat di sekitar objek wisata harus benar-benar memiliki kreatifitas, kemampuan berbahasa yang baik, tata kelola destinasi yang profesional dan memahami konsep-konsep digitalisasi. 

Sementara dari segi Performance, masyarakat harus mampu menerapkan unsur- unsur sapta pesona yang berkarakter, konsisten dan melayani.

Lebih jauh, bisnis pariwisata tidak cukup hanya mengandalkan keunikan dan kekayaan alam, budaya, historis, kearifan lokal dan infrastruktur fisik, tapi juga menjamin kualitas sumber daya manusianya.

Kemudian, unsur pimpinan desa salah satu langkah yang tepat sebagai awal membangun pariwisata desa sehingga sektor pariwisata benar-benar secara langsung bisa dirasakan masyarakat.

Bupati mengajak para unsur pimpinan desa agar segera menggali dan meng-explore sumber-sumber potensial desa.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Daulat Nainggolan, SKM, M.Kes dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan tata kelola destinasi wisata tahun 2019 adalah upaya Pemkab Samosir untuk menguatkan kapasitas SDM untuk mengelola, memberdayakan, melestarikan dan mengoptimalkan segala sumber daya yang ada khususnya desa potensial wisata agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dulat menambahkan, pelatihan tata kelola bertujuan agar terciptanya dan terkelolanya potensi destinasi di pedesaan sehingga mampu meningkatkan sumber pendapatan masyarakat di sekitar destinasi.

Sasaran dan peserta kegiatana tersebut yaitu Desa potensial wisata, Kepala Desa/Lurah dan BPD di Kabupaten Samosir sebanyak 40 orang.

Narasumber terdiri dari Lurah Desa Panggung Hardjo Sleman Yogyakarta Wahyudi Anggoro Hadi dan Pendiri Dusun Kreatif Indonesia-Medan Andi Eka. (Freddy/*)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment