Ingat Guys, Festival Gondang Naposo Di Pantai Pasir Putih Tandarabun Samosir


PARTUKKOAN

Pemkab Samosir terus berupaya melakukan kegiatan berupa event yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga. Salah satu upaya adalah menggelar event Gondang Naoposo yang merupakan bagian dari Horas Samosir Fiesta.

Gondang Naposo merupakan budaya tarian Batak Toba yang diiringi musik oleh kaum muda mudi. Gondang Naposo umumnya dimanfaatkan oleh kaum pemuda - pemudi untuk mencari pasangan. Bahkan melalui itu, pasangan dapat menemukan jodoh hingga menuju ke pernikahan.

Festival Gondang Naposo ini juga dapat memberi ruang selebar lebarnya kepada kaum pemuda pemudi untuk ber-expresi, saling unjuk keahlian dalam hal menari (tor tor) seraya menggoda lawan jenisnya yang juga ikut menari, untuk meraih pujaan hati nya.

Jum’at tanggal 31 Mei 2019, Pemerintah Kabupaten Samosir Sumatera Utara akan menggelar festival Gondang Naposo, sebagai acara pembuka rangkaian Horas Samosir Fiesta (HSF) tahun 2019, bertempat di Pantai Pasir Putih Tandarabun,Desa Dos Roha, Kecamatan Simanindo.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Daulat Nainggolan, M.Kes mengatakan, Festival Gondang Naposo mengambil thema "Akhirnya Ku Menemukan Mu". 

Tujuannya kata Daulat untuk mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya melalui atraksi wisata, meningkatkan perekonomian masyarakat melalui efek multiplier dari pelaksanaan event, meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Samosir serta sebagai alat promosi pariwisata samosir yang efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba Samosir.

"Jumlah peserta di ikuti 25 tim yang terdiri dari 10 tim dari dalam Kabupaten Samosir dan 15 tim dari luar Kabupaten Samosir," sebutnya.

Festival Gondang Naposo akan dilaksanakan selama 2 hari yang diisi dengan perlombaan/festival, kuliner rakyat, pemilihan sidoli najogi dan siboru nauli (pasangan ter-romantis) dan hiburan rakyat pada malam hari Jumat (31/05) yang dihibur oleh Marsada Band dan Sanga Pajumpang Feat Herlin Siboro.

Kemudian untuk malam kedua, Sabtu (01/06) sekaligus puncak acara akan menampilkan Hobasta Trio dan Band Naff dari Jakarta. (*/FS)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment