Ini Penyebab Terjadinya Kerusuhan di Rutan Siak

Rutan Siak terbakar saat terjadi kerusuhan
Partukkoan

PEKANBARU - Kerusuhan yang terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Siak diduga akibat dipicu aksi penganiayaan terhadap tahanan oleh oknum petugas sipir.

Para napi yang sedang menjalani masa hukuman di sana bahkan membakar rumah tahanan tersebut lantaran disulut emosi.

"Informasi yang didapat dari tahanan yang berhasil diamankan kembali, kerusuhan itu dipicu karena ada penganiayaan oleh petugas di rutan," ucap Kasubbag Humas Polres Siak, Bripka Dedek Sabtu (11/5/2019).

Ia menambahkan, kerusuhan terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Informasi yang dihimpun saat itu ada sejumlah tahanan berada di ruang penjagaan. Kemudian terjadi keributan karena para sipir melakukan penganiayaan terhadap tahanan tersebut.

Napi lain yang mengetahui ada tahanan dianiaya pun marah. Mereka lalu mengamuk dan membakar Rutan Siak. Polisi yang berada di lokasi mengeluarkan sejumlah tembakan ke udara untuk menenangkan para tahanan.

100 narapida yang sempat kabur berhasil diamankan kembali namun diperkirakan masih ada tahanan lain berhasil melarikan diri. Jumlah tahanan yang ada di rutan tersebut yakni mencapai 600 orang. (Okz/p)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment