Jelang Lebaran, Pemkab Samosir Monitoring Pasar Tradisional

Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Sosial, Saul Situmorang beserta pimpinan OPD terkait melaksanakan monitoring di Pasar Tradisional Pangururan
Partukkoan

Pangururan - Pemerintah Kabupaten Samosir melalui kegiatan terpadu yang dipimpin Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Sosial, Saul Situmorang beserta pimpinan OPD terkait (Dinas Naker Koperindag, Pertanian, Ketapang, Kesehatan, Satpol PP, Dinas Kominfo, dan Camat Pangururan), melaksanakan pemantauan ketersediaan barang dan sembilan bahan pokok (sembako) terutama harga di Pasar Tradisional Pangururan, Rabu (15/5/2019).

Hal ini dilakukan untuk menjaga dan mengantisipasi lonjakan harga, dan kelangkaan persediaan sembilan bahan pokok menjelang lebaran dan selama libur panjang saat Idul Fitri pada dua minggu ke depan. 

Bukan hanya di Pasar Tradisional Pangururan, pemantuan juga akan digelar di enam pasar tradisional yang relatif ramai dikunjungi masyarakat Samosir seperti Pasar Pangururan, Pasar Nainggolan, Pasar Palipi, Pasar Sianjurmulamula, Pasar di Ambarita, dan Pasar Simanindo.

Dari hasil pantauan yang dilakukan, diperoleh gambaran bahwa harga-harga sembilan bahan pokok relatif stabil dan ketersediaan bahan pokok sangat cukup. 

Dengan gula pasir mengalami sedikit kenaikan (naik sekitar 8%), ikan laut (naik sekitar 5%), namun ikan kering mengalami penurunan sekitar 8 s.d.10%. 

Sementara bawang putih mengalami penurunan drastis, dimana pada awal Mei 2019 telah mencapai Rp. 60.000-70.000/kg, namun pada transaksi jual beli pada hari ini turun menjadi sekitar Rp.40.000/kg.

Informasi yang diterima, rencana kegiatan pemantauan ini akan dilanjutkan pada beberapa pasar yang belum dikunjungi. (**/FS)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment