Kendaraan Milik Polri Ini Mampu Bubarkan Pendemo


Partukkoan

Jakarta - Dalam mengantisipasi demonstrasi semakin parah atau bahkan sampai terjadi kericuhan, polri memiliki berbagai persiapan termasuk peralatan yang canggih.

Biasanya pihak keamanan akan menggunakan gas air mata dan watercannon, untuk mengurai massa yang rusuh. Namun ternyata, ada salah satu kendaraan yang cukup berpotensi membuat massa demonstran bubar.

Kendaraan itu dinamakan Raisa. Raisa adalah singkatan dari 'Pengurai Massa', yang akan digunakan pihak kepolisian dalam mengatasi massa demonstrasi yang melakukan kerusuhan.

Melansir dari liputan6.com, Brigpol Nasaruddin, anggota Direktorat Sabhara Polda Sulawesi Selatan, menyebutkan, Raisa sengaja disiapkan untuk mengurai massa jika saja terjadi kericuhan.

"Sengaja dipasang untuk antisipasi Kalau-kalau terjadi chaos," ucapnya.

Keunikan dan kelebihan Raisa terletak pada suara yang dikeluarkan. Suaranya sangat menggangu, bahkan dapat membuat massa mengalami muntah dan pening.

Menurut Nasaruddin, ada sebuah pengeras suara berkekuatan 1.000 watt yang mampu mengeluarkan suara bising yang dapat mengganggu saraf setiap orang yang mendengarnya.

"Kalau diaktifkan, dapat mengganggu saraf melalui indra pendengaran, biasanya bikin mual bahkan sampai muntah, tapi tergantung penerimaan indra pendengaran setiap orang juga sih," katanya.

Bukan hanya massa, bahkan para polisi yang melakukan pengamanan juga akan menjadi korban. Nasaruddin mengungkapkan bahwa salah satu atasannya pernah menjadi korban Raisa.

"Kanit (Kepala Unit) saya pernah mual itu gara-gara dengar suaranya," ungkapnya.

Akan tetapi, menurut Nasaruddin, pengeras suara tersebut hanya digunakan pada saat yang sangat genting. Dia pun dianjurkan untuk mengimbau massa menggunakan pengeras suara bertenaga 600 watt.

"Ada dua pengeras suara, yang satunya itu berkekuatan 600 watt, itu khusus digunakan untuk mengimbau agar massa tidak chaos. Nah kalau chaos baru kita pakai yang 1.000 watt," jelasnya.

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment