Ikuti Hari Anti Narkotika Internasional di Siantar, Ini Kata Wabup Samosir

Ketua BNK Samosir Ir. Juang Sinaga hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019 di Siantar | ist
Partukkoan

Wakil Bupati Samosir yang juga Ketua BNK Samosir Ir. Juang Sinaga didampingi Kadis Pendidikan Rikardo Hutajulu, Kabag Sosial Kamintar Sinaga dan Kabag Humas & Kerjasama P. Hartopo Manik mengikuti Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019 dirangkai dengan Diseminasi Informasi P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) di Lapangan Parkir Pariwisata Kota Pematang Siantar, Rabu (26/6).

Peringatan HANI 2019 digelar oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematang Siantar dengan menghadirkan peserta sebanyak 250 orang terdiri dari BNK Samosir, BNK Toba Samosir, Relawan dan Satgas Anti Narkoba Kota Pematang Siantar dan sejumlah Pimpinan OPD Kota Pematang Siantar.

Ketua Panitia Peringatan HANI 2019 Dewi Sartika Tarigan, SE menyampaikan bahwa dalam rangkaian peringatan HANI 2019 dengan Tema "Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas" akan digelar berbagai kegiatan diantaranya Dialog Nasional P4GN dengan narasumber Kepala BNN Kota Pematang Siantar AKBP. Saudara Sinuhaji, Apni Olivia Naibaho, SE, M. Min (Owner Siantar Sehat) dan Anugrah Prya Pratama, SE (Owner Barika Cafe). Selanjutnya Pelantikan Akbar Relawan dan Satgas Anti Narkoba Kota Pematang Siantar dan Kegiatan Pentas Seni.

Kepala BNN Kota Pematang Siantar AKBP. Saudara Sinuhaji dalam sambutannya menyampaikan bahwa masalah Narkoba yang terus menggerogoti bangsa ini, maka secara serius harus kita cegah dan berantas bersama-sama.

Berdasarkan data BNN, pengguna narkoba ataupun pelaku mayoritas berasal dari kalangan millenial antara usia 40 tahun ke bawah, bahkan ada yang masih berstatus pelajar SMP. 

"Generasi millenial kerap menjadi sasaran peredaran narkoba karena faktor pergaulan. Generasi milenial yang berusia muda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga menjadi sasaran empuk para pengedar narkoba," ucapnya.

Saudara menambahkan, dalam waktu dekat ini juga akan dilakukan penyuluhan dan tes urine terhadap seluruh aparatur pemerintah diseluruh kabupaten/kota.

Sementara itu, Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia Anti terhadap Narkoba. Maka peringatan HANI 2019 sebagai momentum yang sangat penting dalam upaya pencegahan, pemberantasan peredaran gelap narkoba. 

"Bahwa tidak ada satu poin atau parameter yang mengatakan bahwa narkotika itu baik, maka seluruh elemen harus mengambil sikap dalam pemberantasan narkoba," tegasnya.

Ia menambahkan, Samosir sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, saat ini sedang dilirik oleh wisatawan domestik dan mancanegara dengan berbagai latar belakang dan perilaku, tidak menutup kemungkinan bandar-bandar narkoba akan melirik kawasan Danau Toba sebagai konsumen peredaran narkotika. 

Untuk itu harapannya kepada BNNK P. Siantar agar berupaya penuh dalam pemberantasan narkotika sehingga tidak lolos ke kawasan Danau Toba.

Juang Sinaga mengakui, Samosir masih berstatus BNK sehingga ruang geraknya masih terbatas dalam pemberantasan Narkoba, maka untuk mengantisipasi itu pihaknya perlu berkoordinasi dengan baik dengan BNN Kota Pematang Siantar. (*/FS)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment