Iran Minta Dukungan Dari Eropa Hadapi Perang Ekonomi AS

Presiden Iran, Hassan Rouhani | sumber foto: The Times Of Israel
Partukkoan
  
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani mendesak dan meminta dukungan dari Negara Eropa atas perang ekonomi yang dilakukan pihak AS. Selain itu, Hassan Rouhani menyebut apa yang dilakukan AS adalah bentuk terorisme ekonomi.

Desakan itu menurut Hassan Rouhani adalah bagian dari kesepakatan nuklir sehingga eropa harus memenuhi kewajibannya.

Pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, Rouhani berharap Eropa akan berada di belakang Iran dan mendukung Teheran, dalam menghadapi tekanan AS.

"Kami mengharapkan Eropa untuk berdiri dan melawan terorisme ekonomi Amerika terhadap bangsa Iran dan memenuhi kewajibannya sesuai dengan JCPOA," ucap Rouhani atas kesepakatan nuklir, melansir dari PressTV pada Selasa (11/6).

Pasca keluarnya AS dari perjanjian tersebut, Rouhani menyatakan Iran dapat berbuat sama. Namun Iran katanya memilih untuk tetap bersabar dan memberi kesempatan kepada para penandatangan lain.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengeluarkan peringatan terkait dengan apa yang dia sebut perang ekonomi yang dilancarkan oleh AS. menurutnya AS tidak akan selalu aman dan tidak terkena dampak atas perang yang mereka lancarkan.

"AS tidak berharap untuk selalu aman dari terkena dampak perang ekonomi yang telah dilancarkannya terhadap Teheran. Donald Trump sendiri telah mengumumkan bahwa AS telah meluncurkan perang ekonomi melawan Iran. Satu-satunya solusi untuk mengurangi ketegangan di kawasan ini adalah menghentikan perang ekonomi itu," ucap Zarif. (sd/jm)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri M

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment