Kembangkan Pariwisata, Kemenhub Gelar Study Pemilihan Transportasi Danau di Samosir

Study pemilihan transportasi air Danau Toba di Kantor Bupati Samosir, Jumat (28/06) | ist
Partukkoan

Kementerian Perhubungan melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan melaksanakan study pemilihan transportasi air Danau Toba. Study tersebut dilakukan untuk menunjang pariwisata Danau Toba. 

Kegiatan ini disampaikan Kapuslitbang transportasi laut, sungai, danau dan penyeberangan Sahattua P. S.MM, MH kepada Wabup Samosir Ir.Juang Sinaga di Aula Kantor Bupati Samosir, Jumat (28/06).

Sahattua menambahkan, sudah banyak yang dilakukan untuk perbaikan transportasi danau. Secara profesional pihak Puslitbang melibatkan CV. Kreasi Cipta Konsultan yang sudah melakukan resource di Malasya dan Singapura dan beberapa tempat di Indonesia. 

Penelitian yang akan dilakukan akan menjadi gagasan dan sebagai bahan rekomendasi ke pusat sebagai arah kebijakan dan penerapan dilapangan. "Kami bekerja untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam peningkatan transportasi Danau Toba," ucap Sahattua.

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga mendukung penelitian itu. Dengan adanya transportasi air yang akan direkomendasikan nantinya dapat mendukung pariwisata Danau Toba. 

Dengan demikian lanjutnya, akan ada rute yang tidak membosankan ke Samosir. 

Wabup menyampaikan perlunya perhatian pemerintah pusat yang dalam hal ini Kementerian perhubungan untuk membantu Danau Toba sebagai daerah wisata yang bertaraf internasional. Sehingga danau toba dapat mendatangkan devisa untuk negara.

"Untuk itu perlu kerja keras dengan terobosan untuk mewujudkannnya," tuturnya.

Juang Sinaga menyebutkan, perlunya pesawat kargo dengan rute ke beberapa negara tetangga. Pesawat Kargo diharapkan akan mengangkut hasil bumi seperti halnya ke Singapura dan Malaysia sehingga pasar pertanian di kawasan danau toba akan meningkat.

"Hal itu akan ada peningkatan taraf hidup masyarakat sebagaimana tujuan pariwisata untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal," imbuhnya.

Dr. kaharuddin Djenog M.Eng. dari PT. Kreasi Cipta Konsultan yang merupakan tenaga ahli menyampaikan dari sisi alam danau Toba memiliki kelebihan dengan beberapa danau lainnya. Danau Toba memiliki panorama alam yang sangat bagus. Panorama alam tersebut tidak cukup, akan tetapi perlu inovasi untuk menarik para wisatawan.

Alternatif transportasi danau untuk menunjang pariwisata Danau Toba yang ditawarkan berupa bis tanah air yang bisa berjalan di Danau dan air. 

Bis ini klaimnya dapat berjalan di dua alam. Cplane, pesawat amphibi yang mendarat di air dengan dermaga apung. 

WIG (wing in ground effect) kapal yang bisa melayang, terbang melayang 2 hingga 3 meter diatas permukaan laut. "Teknologi yang ditawarkan menjadi daya tarik bila ada di Danau Toba. Selanjutnya, Kapal selam wisata yang dapat menyelam dalam 5-10 meter," sebutnya.

Setelah melakukan penelitian di Danau Toba Kemenhub akan merekomendasikan transportasi air yang cocok untuk Danau Toba guna mendukung dan mewujudkan Danau Toba sebagai daerah wisata yang bertaraf internasional. (*/FS)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment