Kemenkominfo Surati Facebook Tentang Syarat Pembuatan Akun Baru

Menteri Kominfo Rudiantara | instagram
Partukkoan

Pihak kominfo RI telah menyurati facebook terkait syarat untuk membuat akun baru di wilayah Indonesia. Persyaratan itu ialah meminta nomor handphone atau telepon selular sebagai syarat pembukaan akun media sosial untuk pertama kali.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebutkan surat itu disampaikan langsung ke bos platform tersebut, Mark Zuckerberg.

"Udah (kirimi surat ke Mark Zuckerberg). Saya lupa tanggal berapa, pokoknya bulan Juni ini," ujar Rudiantara di Jakarta, Jumat, (21/06/2019).

Meski demikian, pihaknya hingga kini belum mengetahui tindaklanjut surat yang diberikan. Surat tersebut berisi permintaan pemerintah Indonesia untuk referensi pembukaan akun Facebook agar mencantumkan nomor ponsel.

Menurut Rudiantara, permintaan dengan nomor prabayar dilakukan karena telah teregistrasi dengan nomor KTP dan KK. Registrasi tersebut sudah dilakukan sejak tahun lalu.

"Saya minta ke Facebook untuk pembukaan akun referensinya yang di Indonesia, terserah yang di negara lain itu menggunakan ponsel. Mengapa? Karena ponsel yang prabayar pun di Indonesia sudah mulai registrasi, jadi kita menghindarkan yang namanya dark media sosial," ucapnya.

Sebelumnya dalam rapat dengan Komisi I DPR, Rudiantara mengatakan Surat itu berisi permintaan memiliki AI dan machine learning. Dua teknologi tersebut akan digunakan untuk mempercepat penemuan konten negatif dalam platform.

Menurutnya dengan adanya AI dan machine learning, membuat platform bertindak cepat dan mendeteksi lebih dini. Bukan lagi mencari ataupun menunggu laporan. (vv/P)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment