Pemkab Samosir Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata


Partukkoan

Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata, bertempat di Hotel Gorat Palipi, Kamis (27/06). Acara tersebut dibuka Bupati Samosir yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Drs. Hotman Situmorang, MM.

Dalam sambutannya, Bupati Samosir mengatakan, Pemkab Samosir menyadari bahwa SDM pariwisata merupakan faktor utama dalam menjamin keberlangsungan pembangunan sektor pariwisata ke arah yang diharapkan yakni menciptakan masyarakat samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing. 

Lanjutnya, kekayaan alam, atraksi, keunikan budaya, sejarah dan potensi-potensi lainnya dipastikan dapat bersaing dengan destinasi wisata baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri, namun kualitas SDM pariwisata menjadi kata kunci dan karakter serta integritas SDM pariwisata menjadi unsur penjamin.

"Dapat dipastikan bahwa karakter masyarakat yang melayani, ramah, sabar, kreatif dan konsisten serta pelaku usaha pariwisata maupun stakeholder yang berintegritas akan mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama yaitu meningkatnya kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Lebih jauh, Pemerintah Kabupaten Samosir telah memetakan berbagai potensi yang ada di masyarakat termasuk kawasan pedesaan, pengunungan maupun daerah pantai, semua mengarah kepada suatu kesimpulan yaitu 'Amazing and Wonderful' (ajaib dan luarbiasa).

Ditambahkan, sebagai faktor penting dalam Roadmap pembangunan dan pengembangan pariwisata Samosir, masyarakat tidak cukup hanya menjadi pemerhati atau pengkritik tetapi saatnya menjadi pelaku dan subjek penentu dan pembeda. 

"Saatnya masyarakat bergandengan tangan dengan pemerintah membangun mimpi, memelihara semangat dan membangun kebersamaan untuk mencapai tujuan bersama yaitu meningkatkan kesejahteraan, kemandirian dan daya saing," imbuhnya.

Bupati berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan tata kelola destinasi pariwisata dapat melahirkan inspirasi baru, inovasi dan kreatifitas serta menjadi pelaku-pelaku yang tidak kenal lelah membangun diri, membangun keluarga dan membangun desanya untuk pariwisata samosir yang gemilang dan berdaya saing di bumi Indonesia bahkan dunia internasional. 

Bupati berpesan 'Be The Doers' (jadilah pelaku), "Be Creative" (jadilah kreatif) dan "Be Consistent" (tetap konsisten).

Sementara, Kadis Pariwisata yang diwakili oleh Kasi Perizinan Usaha Pariwisata Nani Simbolon, S.IKom mengatakan, tujuan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata, agar tersedianya SDM Pariwisata di Desa potensial wisata, terciptanya dan terkelolanya potensi destinasi pariwisata di pedesaan serta terbentuknya kreatifitas masyarakat dalam mengelola industri rumah tangga penopang sektor pariwisata.

Dalam laporannya, peserta pelatihan terdiri dari para Kepala Desa, BPD sebanyak 45 orang (Kecamatan Palipi, Nainggolan, Onanrunggu dan Kecamatan Stio-tio).

Sebagai narasumber ialah Marthen Ragowino Bira, SS Kepala Desa Tebara Sumba Barat Nusa Tenggara Timur (Kepala Desa yang mendapat penghargaan tingkat nasional kategori Desa Percontohan Nasional Pengelolaan Keuangan Desa dan Aset Desa serta Inovasi Bumdes dari Kementerian Keuangan).

Narasumber lainnya adalah Andi Eka Sahputera (Founder sekaligus Owner Dusun Kreatif Indonesia-Medan). Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari  sejak tanggal 27 hingga 29 Juni 2019. (*/FS)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment