Pengusaha Mikro di Samosir Mendapat Pelatihan Pangan Lokal

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga membuka secara resmi Pelatihan dan Pembinaan Pengembangan Pangan Lokal di Aula Dinas Ketahanan Pangan Parbaba | ist
Partukkoan

Wakil Bupati Ir. Juang Sinaga membuka secara resmi kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Pengembangan Pangan Lokal T.A 2019 di Aula Dinas Ketahanan Pangan Parbaba. 

Turut hadir dalam acara Kadis Kominfo Rohani Bakara, Kadis Pertanian Viktor Sitinjak, Kabag Humas Hartopo Manik, Kabid Koperindag Sugiman Simatupang, dan Peserta pelatihan pangan lokal

Acara pelatihan tersebut akan berlangsung selama tiga hari sejak 25 hingga 27 Juni 2019. Sementara sebagai nara sumber dalam kegiatan itu ialah Ketua Prodi Tataboga Universitas Negeri Medan Dr. Erli Mutiara M.Si.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Amon Sormin mengatakan, kegitan ini merupakan motivasi untuk para usaha pangan lokal mikro dalam meningkatkan daya saing sekaligus meningkatkan penghasilan taraf ekonomi para pelaku usaha pangan lokal. 

Dalam laporannya, Amon Sormin menyebutkan, peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut berjumlah 20 perwakilan kelompok penggiat usaha pangan dengan kualifikasi produk rumahan yang potensial untuk dikembangkan antara lain Kecamatan Pangururan, Kecamatan Sitio-tio, Kecamatan Ronggurnihuta, Kecamatan Simanindo.

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga menyampaikan, upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat samosir, pemerintah terus berupaya dan berusaha dalam memberi inovasi pengolahan pangan lokal, melalui kelompok-kelompok penggiat pengolahan bahan pangan lokal. 

Masyarakat juga diharapkan mampu melihat peluang dan menumbuhkan semangat kewirausahaan karena samosir telah ditetapkan sebagai kawasan strategis wisata.

"Para wisatawan yang berkunjung ke Samosir pasti membawa bekal untuk belanja-belanja dan keperluan pokok, oleh karena itu diharapkan kepada para peserta pelatihan agar betul-betul mengikuti pelatihan dan pengembangan pangan dengan baik sehingga dapat diterapkan dalam bidang usaha dan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Samosir,"imbaunya.

"Semangatlah, didepan kita ada harapan yang besar, sabar, tekun dan terlebih penuh pengharapan kepada Tuhan merupakan kunci menuju kesuksesan dan meningkatkan ekonomi keluarga," tambahnya.

Pemerintah lanjut Juang, akan selalu mendukung dan memfasilitasi dalam mengembangkan usaha dengan terus berkordinasi antara dinas terkait dan kelompok pelaku usaha di Kabupaten Samosir. (FS/*)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment