WHO: Jutaan orang Terinfeksi Penyakit Menular Seks Setiap Hari

Ilustrasi | net
Partukkoan

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) dalam paparannya yang dirilis 6 Juni lalu menyebut lebih dari 1 juta kasus baru infeksi menular seksual (IMS) yang bisa disembuhkan, diderita orang berusia 15 sampai 49 tahun setiap harinya.

Dari 376 juta kasus baru dari infeksi menular seksual setiap tahunnya, dominasi infeksi yakni klamidia, gonorea, trikomoniasis, dan sifilis.

Dr Peter Salama, Executive Director for Universal Health Coverage and the Life-Course WHO melihat kurangnya kemajuan dalam menghentikan penyebaran IMS di seluruh dunia.

"Ini adalah seruan untuk upaya terpadu memastikan semua orang, di mana saja, bisa mengakses layanan yang mereka butuhkan untuk mencegah dan mengobati penyakit melemahkan ini," ucap Salama melansir dari liputan6 seperti mengutip laman resmi who.int pada Selasa (11/6/2019).

Penelitian yang diterbitkan secara daring oleh Buletin WHO menunjukkan, pada pria dan wanita berusia 15 sampai 49 tahun di 2016, setidaknya ada 127 juta kasus baru klamidia; 87 juta gonorea; 6,3 juta sifilis; dan 156 juta trikomoniasis.

IMS bukanlah penyakit yang bisa disepelekan. Masalah kesehatan yang ditimbulkan bisa sangat parah baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

WHO memaparkan, beberapa masalah kesehatan serius dan kronis yang bisa dialami seseorang dengan IMS meliputi: penyakit neurologis dan kardiovaskular, infertilitas, kehamilan ektopik, kelahiran mati, dan peningkatan risiko HIV.

Kemudian sisi kesehatan mental, pasien IMS juga rentan akan stigma buruk masyarakat dan kekerasan dalam rumah tangga.

Tahun 2016, sifilis menjadi penyebab 200 ribu kelahiran mati dan kematian bayi baru lahir. Masalah tersebut menjadi salah satu penyebab terbesar dari kehilangan bayi secara global. (lp6/P)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment