Berevolusi Dengan Cepat, Kecoa Ini Kebal Dari Insektisida

Ilustrasi | net
Partukkoan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah salah satu hama rumah yang dapat menjadi sumber penyakit mulai dari kolera, disentri, hingga demam tifoid. 

Untuk mengatasi hal itu, banyak orang berusaha mengatasi kecoa dengan menggunakan insektisida atau racun serangga.

Namun menurut studi terbaru, dalam jurnal Scientific Reports menyebutkan jika kecoa dapat berevolusi dengan cepat hingga memiliki kekebalan terhadap racun. 

Salah satu spesies yang disebut kecoa jerman (Blattella germanica) misalnya menyita perhatian peneliti karena kebal hampir seluruh jenis insektisida.

"Kami tidak memiliki petunjuk bahwa sesuatu seperti ini dapat terjadi sangat cepat," ucap salah satu peneliti, Michael Scharf, dari Purdue University.

"Ketika kecoa mengembangkan kekebalan terhadap banyak tingkat insektisida berarti di masa depan proses pengendalian hama akan hampir mustahil hanya dengan bahan kimia saja," tambah Michael seperti dikutip dari detikhealt yang mengutip Live Science.

Sesuai dengan percobaan di laboratorium pada saat ada satu kecoa yang terpapar racun bisa selamat, maka keturunannya akan langsung menunjukkan tanda-tanda kekebalan. Satu kecoa bahkan terlihat bisa mengonsumsi racun sebagai bentuk makanan.

Peneliti studi ini mengatakan, peringatan tentang manajemen pembasmian hama yang lebih baik. Proses eliminasi kecoa sebaiknya tidak hanya mengandalkan zat kimia tetapi juga dengan peningkatan sanitasi hingga alat hisap kecoa. (d/p)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment