Warga Onan Runggu Samosir Terima 57 Unit BSPS Tahap II

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga serahkan 57  Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap II dari Kementerian PUPR RI | IST
Partukkoan

Sebanyak 57 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap II dari Kementerian PUPR RI diberikan kepada warga Kecamatan Onan Runggu di Desa Huta Hotang, Selasa (23/7).

Penyerahan BSPS yang secara langsung diserahkan Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga terdiri dari 30 unit di Desa Janji Matogu dan 27 unit di Desa Huta Hotang.

Acara penyerahan turut dihadiri Kadis Pera KPP Marang Situmorang, Kepala Cabang Bank Mandiri, Camat Onan Runggu dan Kabag Humas.

Secara keseluruhan, pemerintah menyalurkan 150 unit bantuan BSPS di Kecamatan Onan Runggu. Pada Tahap I lalu, Bupati Samosir juga telah menyalurkan sebanyak 93 unit Buku Tabungan BSPS di Desa Sitamiang, Kecamatan Onan Runggu.

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga menyampaikan, bantuan stimulan perumahan swadaya ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam menyelenggarakan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Bantuan sebesar Rp. 17.500.000,- per unit merupakan dana perangsang bagi masyarakat penerima.

"Rumah salah satu hak dasar rakyat, setiap warga negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat," kata Juang.

Rumah lanjutnya merupakan kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan, rumah sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa.

Melalui program ini, Juang Sinaga berharap dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah sehingga jumlah rumah tidak layak huni dapat berkurang secara bertahap untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat demi samosir bangkit, mandiri dan sejahtera.

Sejak tahun 2015 -2018 masyarakat kabupaten samosir sudah menerima bantuan perumahan swadaya (Bedah Rumah) sebanyak 769 unit. Tahun 2019 akan mendapatkan bantuan sebanyak 1.326 unit. 

Bantuan tersebut tidak dapat ditarik secara tunai namun harus melalui progres kemajuan pembangunan rumah yang dituangkan dalam laporan dari masyarakat yang difasilitasi tenaga fasilitator lapangan dan koordinator fasilitator yang diferifikasi oleh tim teknis kabupaten. (*/Fs)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment