Cegah Karhutla, Pemkab Samosir Gelar Rapat Koordinasi

Rapat Koordinasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (21/08/2019)
Partukkoan - Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir bersama Stakeholder menggelar rapat koordinasi dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Samosir, Rabu (21/08/2019) di aula Kantor Bupati Samosir.

Rapat Koordinasi dihadiri, Sekdakab Samosir Jabiat Sagala, Pabung 0210/TU, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Samosir, Kadis Lingkungan Hidup, Kabag OPS Polres Samosir, Danramil se-Kabupaten Samosir, Camat se-Kabupaten Samosir dan beberapa OPD lainnya.

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga mengatakan, kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi pada musim kemarau di Kabupaten Samosir harus diantisipasi, untuk itu diperlukan sarana dan prasarana berupa alat pemadam kebakaran khusus menangani kebakaran hutan dan lahan serta personil yang terlatih dalam penanganannya.

Menurut Juang, kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Samosir pada umumnya di daerah perbukitan dan pegunungan, dan bila terjadi kebakaran, petugas kesulitan untuk memadamkan. 

Disamping keterbatasan fasilitas alat dan kemapuan personil, akses menuju lokasi juga sulit. Untuk itu kata Wabup Samosir, diharapkan Satgas pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang telah dibentuk berdasarkan SK Bupati Samosir Nomor 185 tahun 2019 dapat membuat sebuah rancangan kerja yang menyangkut sarana dan prasarana yang diperlukan termasuk personil yang terlatih. 

Ia juga mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder untuk bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Samosir.

Juang Sinaga menyarankan dalam penghijauan agar menanam pohon macadamia. "Pohon ini menyimpan air lebih banyak, dan dengan daun yang tebal akan mampu mencegah penyebaran api," pungkasnya. (*FS)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment