Danramil 03/Pangururan Dukung Penuh Operasi Patuh Toba 2019 di Samosir


Partukkoan - Samosir

Polda Sumatera Utara beserta jajarannya menggelar "Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Toba 2019” selama 14 hari. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019 mendatang.

Tujuan dilaksanakannya Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Toba 2019 ini adalah untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta kepatuhan hukum masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan lalu lintas.

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto dalam amanatnya yang dibacakan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, Pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2019 ini menekankan 8 prioritas pelanggaran yaitu: 1. Menggunakan handphone saat mengendarai, 2. Mengemudi dalam keadaan mabuk atau mengonsumsi narkoba, 3. Tidak menggunakan helm SNI, 4. Mengendarai di luar batas kecepatan, 5. Melawan arus saat mengemudi, 6. Mengemudi di bawah umur, 7. Tidak menggunakan sabuk pengamanan atau safety belt saat mengemudi, 8. Menggunakan lampu rotator atau strobo.

Selain itu Kapoldasu juga menekankan agar pelaksanaan operasi mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional. 

"Dalam prosedur, menghindari tindakan pungli, melaksanakan dengan simpatik dan humanis 3S (Sabar, Sopan dan Senyum) sesuai prosedural, melakukan tugas dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat yang dapat menurunkan citra Polri, memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat, kata Kapoldasu.

Maka dari itu lanjut Kapolda, operasi ini mengedepankan tindakan preventif dan represif yang diharapkan mampu mengendalikan, menangani, mengatasi dan mengurai kemacatan dan semrawutnya lalu lintas, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas dan fatalitas terhadap korban.

“Kehadiran anggota polantas di lapangan sebagai bagian dari pelayanan kamseltibcarlantas bagi masyarakat pengguna jalan,” pungkasnya.

Sementara itu, Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan ketika ditemui partukkoan, Kamis (29/08/2019) usai mengikuti gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2019 di Makopolres Samosir mengatakan mendukung secara penuh kegiatan tersebut.

"Budayakan tertib lalu lintas, kita dukung demi suksesnya program ini. Hal ini agar terciptanya masyarakat yang tertib berlalu lintas guna menghindari kecelakaan - kecelakaan yang tidak kita inginkan," ucap Donald Panjaitan.

Menurutnya, sinergitas antara TNI dan polri sangat perlu untuk kemajuan pembangunan di Samosir. "Pembangunan kawasan Danau Toba sebagaimana amanat Pak Presiden Joko Widodo harus kita laksanakan," pungkas Donald.

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment