Ada Tumpahan Minyak Misterius di Pantai Brazil

Tampak binatan laut dilapisi minyak | reuters
Partukkoan

SAO PAULO - Tumpahan minyak telah mencemari pantai dan garis pantai di delapan negara bagian Brasil. Demikian diungkapkan badan lingkungan hidup negara itu, Jumat, meskipun pihak berwenang masih bingung asal-usulnya.

Badan lingkungan Ibama mengatakan bahwa pantai sepanjang 3.000 kilometer (1.860 mil) garis pantai wilayah Timur Laut Brasil telah terkena tumpahan. 

Akibatnya, beberapa burung terkena lapisan minyak tersebut. Bukan itu saja, binatang laut seperti siput, kura-kura dan lainnya juga ikut dilapisi. Saat ini mahluk laut tersebut sedang dalam perawatan, demikia laporan Reuters, Sabtu (28/09).

Daerah ini merupakan tujuan wisata populer bagi penduduk lokal dan asing, dengan sejumlah besar pengunjung Spanyol dan Portugis sering mengunjungi resor yang tersebar di sepanjang pantai.

Meskipun ada aktivitas eksplorasi minyak yang luas di lepas pantai Brasil, pihak berwenang mengklaim bahwa itu bukanlah sebagai sumber tumpahan.

Perusahaan minyak yang dikendalikan negara, PetrĂ³leo Brasileiro SA mengatakan telah melakukan analisis laboratorium terhadap minyak dan menentukan, dengan mengamati molekul-molekulnya, bahwa "senyawa organik dari bahan yang ditemukan tidak kompatibel dengan minyak yang diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan."

Wilayah eksplorasi minyak terdekat berikutnya adalah Venezuela dan Teluk Meksiko, tetapi belum ada masalah yang dilaporkan dari wilayah tersebut.

Ibama mengatakan mereka juga memeriksa apakah ada masalah dengan tanker di daerah sekitarnya. (Rts/P)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment