Benarkah Tidur Siang Baik Untuk Kesehatan Jantung, Ini Riset Terbaru

Ilustrasi jantung
PARTUKKOAN.com - Medan

Ketika kita bekerja pada siang hari, maka terkadang kita merasa letih dan mata ingin terpejam. Maka jangan di lawan, silahkan saja tidur siang, karena menurut riset terbaru, tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat secara khusus bagi jantung.

Meski sebelumnya riset yang menyebut tidur siang bermanfaat bagi kesehatan menuai perdebatan di kalangan peneliti, namun tidur siang sejenak ternyata mampu memberikan kesehatan bagi jantung.

Study terbaru ini membandingkan orang-orang yang memang memiliki kebiasaan tidur siang dengan mereka yang sekadar rutin melakukan power nap alias tidur siang singkat. 

Dari hasil study tersebut dihasilkan sebagaimana dilaporkan jurnal Heart pada 9 September 2019 menyebutkan adanya hubungan frekuensi tidur siang dan durasi rata-rata tidur siang dengan risiko penyakit kardiovaskular yang fatal ataupun tidak, misalnya serangan jantung, stroke atau gagal jantung.

Dalam penelitian, melibatkan 3462 penduduk di Lausanne, Swiss yang dipilih secara acak. Responden yang dipilih berusia antara 35 hingga 75 tahun dan mulai direkrut sejak 2003 hingga 2006 untuk studi CoLaus. 

Melansir kumparan, pemeriksaan pertama dilakukan dalam rentang waktu antara tahun 2009 dan 2012, yakni dengan mengumpulkan data terkait pola tidur masing-masing responden seminggu sebelumnya. Peneliti kemudian turut memantau kesehatan mereka selama 5 tahun.

Pada 2014, sebanyak 58 persen atau 2.014 responden mengaku tidak tidur siang selama sepekan sebelumnya, sekitar 19 persen atau 667 responden mengatakan bahwa mereka tidur siang satu sampai dua kali dalam sepekan, sekitar 12 persen atau 370 responden mengungkapkan mereka tidur siang tiga sampai lima kali dalam seminggu, dan sekitar 11 persen atau 370 responden mengatakan mereka bisa tidur siang 6 sampai 7 kali dalam sepekan. 

Hasilnya ditemukan, bahwa orang-orang yang tidur siang sesekali, yakni sekali hingga dua kali dalam sepekan, memiliki risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah, yakni mencapai separuhnya (48 persen), dibandingkan mereka yang tidak tidur siang sama sekali. 

Asosiasi ini berlaku bahkan setelah peneliti memperhitungkan faktor-faktor yang berpotensi berpengaruh, seperti usia dan durasi tidur di malam hari serta risiko penyakit kardiovaskular lainnya, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

Hubungan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dengan orang yang suka tidur siang ini itu tidak berubah, bahkan setelah peneliti memperhitungkan adanya kantuk yang berlebihan di siang hari, depresi, dan jadwal tidur teratur setidaknya 6 jam semalam pada para responden. Jadi, sesekali luangkanlah waktu tiap pekan Anda untuk tidur siang. (Kmp/P)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment