Besok, PMI Samosir Gelar Aksi Donor Darah

Foto bersama: Wartawan bersama Ketua PMI Kabupaten Samosir Ir. Juang Sinaga didampingi pengurus PMI
Partukkoan.com

Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Kabupaten Samosir direncanakan menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian mensukseskan kegiatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang dilakukan, Jumat (20/9), di komplek Tanah Lapang Pangururan, Samosir.

Ketua PMI Samosir Juang Sinaga yang juga Wakil Bupati Samosir ditemui wartawan di ruang kerjanya mengatakan, Kamis (19/9), sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga Samosir kepada sesama memberi manfaat membantu pihak yang benar-benar membutuhkan.

"Bekerjasama dengan panitia Haornas, kegiatan dimulai sejak pukul 08:30 WIB selama satu hari. Setitik darah yang didonorkan relawan nantinya, kita harap dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain," ujar Juang.

Menurutnya, stok persediaan darah di Kabupaten Samosir khususnya di RSUD (rumah sakit umum daerah) setempat, masih terbilang minim memenuhi kebutuhan darah di kabupaten itu. Ia mengaku prihatin tidak sedikit pasien dalam kondisi gawat/kritis yang sulit mendapatkan donor darah.

"Stok darah kita masih sangat terbatas untuk bisa dipergunakan membantu orang. Secara pribadi, saya mohon bantuan semua warga berkenan menyumbangkan darahnya," harap Juang.

Sementara itu, wakil ketua PMI Samosir Dr Nimpan Karo-karo menjelaskan persyaratan dasar untuk ikut serta menjadi pendonor adalah berusia 17 hingga 70 tahun. Dan berat badan minimal 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100 untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. 

Kemudian lanjut Nimpan, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL dan tidak lebih dari 20 g/dL. 

"Disamping itu semua, tentu si pendonor harus memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang," jelas Dr Nimpan.

Menurutnya, pendonor khusus wanita sewaktu mendonorkan darah dinilai sangat baik untuk kecantikan dan kekecangan kulit yang memperlambat penuaan. 

"Umumya mendonor itu baik untuk kesehatan jantung apalagi penderita dengan gangguan jantung. Namun untuk para perempuan hal ini bisa menunda penuaan diri dan mengurangi berat badan," pungkas Dr Nimpan. (***)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment