Irjen Firli Bahuri Ditetapkan Sebagai Ketua KPK, Penasihat Pilih Mundur

Drs. Firli Bahuri | google.com
PARTUKKOAN.com

Irjen Firli Bahuri akhirnya ditetapkan sebagai Ketua KPK periode 2019-2023. Hal ini sesuai dengan voting Komisi III DPR. Ada 56 anggota Komisi III yang ikut voting dan Firli Bahuri memperoleh suara terbanyak.

Atas penetapan tersebut, Penasihat KPK Tsani Annafari langsung mundur dari jabatannya.

"Iya. Insyaallah saya mundur sesuai janji saya. Draf surat pengunduran diri sudah saya buat sejak kemarin siang," ucap Tsani ketika dikonfirmasi, Jumat (13/9).

Tsani mengatakan, pengunduran diri itu awalnya sudah disampaikan secara langsung kepada Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. "Saya sudah siap mundur," tegas dia.

Dengan pengunduran diri itu, lanjut Tsani, akan memberikan tanda bermasalah terhadap KPK periode 2019-2023 dengan Firli sebagai ketuanya.

"Surat sudah dibuat dan label bermasalah itu akan menempel pada pimpinan periode ini dengan pengunduran diri saya," sebutnya.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang menegaskan bahwa terdapat dugaan pelanggaran berat yang dilakukan oleh Mantan Deputi Bidang Penindakan KPK, Irjen Firli.

"Perlu kami sampaikan hasil pemeriksaan direktorat pengawasan internal adalah terdapat dugaan pelanggaran berat (terhadap Firli)," ucap Saut di Ruang Konferensi Pers KPK, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Firli sebelumnya diduga telah melanggar kode etik dengan bertemu Tuan Guru Bajang (TGB) yang saat ini berkapasitas sebagai saksi dalam kasus dugaan suap PT Newmont. Meski demikian, Firli telah bantahan atas tudingan tersebut.

"Saya tidak melakukan itu tapi kalau bertemu, iya. Saya bertemu pada 13 Mei 2018," kata Firli saat menjawab pertanyaan Tim Pansel Capim KPK, di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Dari voting yang dilakukan pihak Komisi Hukum DPR RI, Firli meraih seluruh suara sebanyak 56. Pimpinan Komisi III DPR, Aziz Syamsudin menyatakan seluruh anggota Komisi III sepakat memilih Firli Bahuri sebagai ketua baru KPK.(lp6/mdk)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment