Kabut Asap Karhutla Sampai di Samosir

Tampak kabut asap hampir menutupi pegunungan di Samosir | foto dok. Partukkoan.com
Partukkoan.com

Sejumlah wilayah di pulau Sumatera mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bahkan karhutla di Pulau Sumatera meluas hingga ke sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) dalam beberapa hari terakhir.

"Hari ini hampir seluruh wilayah di Sumatera Utara diselimuti kabut asap akibat karhutla," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, Minggu (22/9).

Pantauan wartawan, Minggu (22/09/2019), kabut asap juga terlihat jelas di beberapa wilayah Samosir, bahkan hampir menutupi bukit bukit dan pegunungan di sekitar Danau Toba.

Salah seorang warga Samosir J. Naibaho kepada wartawan mengatakan, meski kabut asa telah sampai di Samosir, namun untuk jarak pandang masih dalam kondisi wajar.

"Masih wajar karena jarak pandang masih sampai 10 hingga 15 meter. Tapi kalau di daerah perbukitan atau pegunungan mungkin hanya 5 atau 6 meter," kata pria yang berprofesi sebagai supir ini.

Di hari yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, dr. Nimpan Karo Karo ketika dikonfirmasi wartawan mengimbau masyarakat agar banyak mengkonsumsi air mineral.

"Diharap kepada masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi air mineral (air putih), kurangi keluar rumah yang tidak perlu, dan jika pun keluar rumah pakai lah masker, agar tidak terjangkit penyakit ISPA (Inpeksi Saluran Pernapasan) yang dapat memengaruhi hidung, tenggorokan, dan saluran udara," kata dr.Nimpan.

Sampai saat ini aktivitas masyarakat Samosir masih berjalan baik dan belum terlihat warga yang menggunakan masker. Namun ada juga beberapa pengendara yang sudah menggunakan masker. (Freddy)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment