Kasus Suap Impor Bawang Putih, KPK Panggil Sekjen Kemendag

Gedung KPK

Partukkoan.com

Jakarta - KPK memanggil sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan (Kemendag) atas kasus suap impor bawang putih. Pemanggilan itu untuk meminta keterangan sebagai saksi mantan anggota DPR I Nyoman Dhamantra.

Melansir detik.com, mereka yang dipanggil diantaranya, Sekjen Kemendag Oke Nurwan, Kepala Bawas Perdagangan Berjangka Kemendag Tjahya Widayanti, Direktur Impor Kemendag Ani Mulyati, serta Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana.

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka IYD (I Nyoman Dhamantra)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (24/9/2019).

Dhamantra ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena diduga menerima suap dari Chandry Suanda (Afung) pemilik PT Cahaya Sakti Agro, Doddy Wahyudi berprofesi swasta, dan Zulfikar berprofesi swasta.

KPK menduga aksi Dhamantra ini dibantu oleh orang kepercayaan Dhamantra yaity, Mirawati Basri; serta Elviyanto dari pihak swasta. Baik pemberi suap dan orang kepercayaan Dhamantra juga ditetapkan tersangka oleh KPK.

Dhamantra diduga meminta fee Rp 3,6 miliar dan Rp 1.700-1.800 tiap kg lewat Mirawati untuk mengurus izin kuota 20 ton bawang putih. Suap itu diduga berasal dari Chandry dan Doddy.

Menurut KPK, duit yang sudah diberikan kepada Dhamantra berjumlah Rp 2 miliar. Duit itu ditransfer lewat rekening money changer. (P)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment