Pemkab Samosir Sosialisasi Pemanfaatan Pompa Air di Palipi

Bupati Samosir memberikan kata sambutan | IST
Partukkoan - Palipi

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian dan Dinas PUPR mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan Pompa Air di Aula Kantor Camat Palipi Jumat (6/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh 7 (tujuh) kelompok tani dari dua desa, yaitu Desa Palipi dan Desa Pallombuan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian Victor Sitinjak mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir dalam upaya mendukung produktivitas pertanian di Kabupaten Samosir khususnya di Kecamatan Palipi telah membangun dua unit pompa besar yang berkapasitas 50 liter per detik di Desa Palipi dan Desa Sigaol.

Satu unit pompa besar yang sudah dibangun di Desa Palipi ini dapat dimanfaatkan oleh 5 (lima) kelompok tani (Poktan) dari desa Palipi dengan luas lahan berkisar 80 hektar dan 2 (dua) kelompok tani dari Desa Pallombuan dengan luas lahan 40 hektar, dimana keseluruhannya dapat digunakan oleh 120 kepala keluarga dari dua desa tersebut.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam sambutannya menyampaikan, pertemuan ini dilakukan untuk berdiskusi dengan petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya. 

"Dengan tersedianya pompa air, alat-alat pertanian, dan rehabalitasi saluran irigasi yang terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Samosir secara bertahap dapat membantu petani untuk dapat memaksimalkan lahan pertanian yang ada," ujar Rapidin.

Saat ini kata Bupati, petani diharapkan dapat panen 2 (dua) kali dalam setahun. 

"Untuk itu marilah kita saling mendukung program pembangunan Samosir yang berbasis Pariwisata dan Pertanian demi mewujudkan kesehjateraan masyarakat Samosir” tambah Rapidin.

Tak lupa Bupati Samosir diakhir kata sambutannya mengutip pepatah para orangtua terdahulu dengan mengatakan Sinur napinahan, "Gabe na ni ula, Mangomo partiga tiga, Dapotan pardalan dalan." (*/FS)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment