Smart SIM Resmi Diluncurkan, Ini Keunggulannya

Partukkoan.com

JAKARTA - Smart SIM dan aplikasi SIM online saat ini telah resmi dikeluarkan. Peluncuran itu diketahui pada perayaan ulang tahun Polisi Lalu Lintas Bayangkara di Basket Hall Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (22/9/2019).

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri menyebutkan, Smart SIM merupakan terobosan baru yang dibuat Polri dengan menambah fungsi surat izin mengemudi. SIM jenis baru ini sudah mulai dipromosikan kepolisian sejak Agustus 2019.

Salah satu keunggulan dari Smart SIM ini ialah dapat menjadi uang elektronik dalam pembayaran tol, parkir, hingga naik kereta namun saldo di dalam Smart SIM maksimal Rp2 juta.

Kemudian aplikasi SIM online berfungsi memudahkan masyarakat dalam pembuatan SIM. Tahap pendaftaran dan mengisi formulir bisa dilakukan dimanapun tanpa mengantre, dan semua dilakukan melalui website SIM online.

Selain pendaftaran baru, registrasi online ini juga berlaku buat perpanjangan SIM. 

Dalam acara itu, Refdy turut mengumumkan beberapa pencapaian Korps Lalu Lintas Polri selama satu tahun terakhir, periode 2018-2019.

Menurutnya kepolisian lalu lintas telah mendukung beberapa penyelenggaraan kegiatan nasional, maupun internasional seperti Asean Games, Asean Para Games, Annual Meating IMF di Bali, kegiatan Natal dan Tahun Baru 2018, menjaga arus mudik dan balik 2019, dan masa Pemilihan Umum 2019.

Selanjutnya program yang dicetuskan selama periode yang sama, antaranya SIM Online, Samsat Online, Indonesian Safety Driving Center (ISDC).

Lalu dibidang penegakan hukum Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), speed management, dan traffic accident analysis. “Fungsi lantas juga memberi kontribusi sebesar 92 persen dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Polri tahun anggaran 2018,” pungkasnya.

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment