Tanggulangi Karhutla di Pekanbaru, 4 Pesawat TNI Dikerahkan Operasi TMC

Pesawat pembuat hujan buatan | ilustrasi
Partukkoan.com

PEKANBARU - Empat pesawat milik TNI AU dan BPPT disiagakan dan dikerahkan ke Pekanbaru untuk melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Pengerahan itu untuk Menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Kapusdatimas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo menyebut, ke empat pesawat angkut tersebut telah tiba di Pekanbaru, sejak Senin (16/9/2019).

"Pesawat yang sudah disiagakan yakni Cassa 212-200 milik BPPT, dan C-130 Hercules. Empat pesawat ini akan bertugas melaksanakan operasi TMC atau hujan buatan," kata Agus dalam siaran persnya.

Seluruh pesawat akan beroperasi di enam provinsi yakni Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Pergerakan pesawat akan disesuaikan dengan keberadaan awan potensi hujan hasil analisis BMKG.

"Pesawat CN 295 pagi tadi, pukul 06.00 WIB diberangkatkan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, karena menurut laporan BMKG sudah terdapat potensi awan hujan. Pesawat akan melakukan operasi penyemaian awan hujan di wilayah Kalimantan, agar bisa menjadi hujan untuk membantu pemadaman karhutla di Kalimantan," terang Agus. (Sd/P)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment