Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Samosir Luncurkan E-Klinik Pengaduan

PARTUKKOAN.com - Pangururan

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Samosir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Samosir meluncurkan aplikasi e-Klinik Pengaduan di Aula Kantor Bupati Samosir di Pangururan, Jumat (6/9).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Samosir Jabiat Sagala mengatakan, dengan adanya teknologi tersebut dapat mendukung pemerintahan yang bersih dan baik

"Tujuan dari pembangunan aparatur negara adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, peningkatan kualitas penyelenggaraan administrasi pemerintahan, dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan," ujar Jabiat Sagala.

Percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ini lanjut Jabiat, sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, yakni untuk mempercepat penerapan aplikasi umum berbagi pakai yang terintegrasi kepada seluruh instansi pemerintah.

"Pelaksanaan SPBE di pemerintah daerah untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik," imbuhnya.

Sementara, Kepala UKPBJ Kabupaten Samosir Sardo Rumapea menyebutkan, pengadaan aplikasi e-Klinik sesuai dengan Peraturan Bupati Samosir Nomor 36 Tahun 2019. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam menyampaikan pengaduan bagi penyedia barang/jasa atau masyarakat secara umum

"Jika ada yang menemukan indikasi penyimpangan prosedur, praktik KKN dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dan/atau pelanggaran persaingan yang sehat, masyarkat bisa mengadukannya lewat aplikasi ini," pungkas Sardo.

Sardo melanjutkan, pengaduan tetap harus disertai dengan bukti-bukti indikasi penyimpangan, yang kemudian akan diverifikasi untuk kejelasan dan substansi pengaduannya.

"Pengaduan akan ditindaklanjuti oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) atau Instansi yang berwenang," tandasnya.

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment