YouTube Makin Ketat, Puluhan Ribu Konten Yang Mengandung 'Hate Speech' Dihapus

Partukkoan

YouTube merupakan media sosial berbasis video terbesar di seluruh dunia. Produk google ini pun kian hari semakin ketat dalam menyaring konten-konten yang akan di upload.

Informasi terbaru, pihak Youtube telah menghapus puluhan ribu video yang bermuatan ujaran kebencian (hate speech) pada platformnya pada bulan lalu. 

Melalui situs resminya, YouTube berencana memperbarui aturan pelecehan yang bakal menjadi 'perubahan mendasar dalam kebijakan' platform milik Google tersebut. Perubahan itu tentunya menjadikan YouTube lebih tegas dan ketat.

"Kamu telah menghapus konten berbahaya sejak YouTube muncul, namun investasi kami dalam pekerjaan ini telah meningkat dalam beberapa tahun," ujar YouTube dilansir viva yang mengutip laman Digital Trends, Rabu 4 September 2019. 

Kebijakan itu menurut YouTube membuat pihaknya dalam satu setengah tahun belakangan mengurangi konten video bahkan menghapusnya. Sikap tersebut itu diambil karena video ofensif itu dianggap melanggar kebijakan YouTube hingga 80 persen.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan suara otoritatif, memberi penghargaan pada kreator terpercaya dan mengurangi penyebaran materi yang melawan kebijakan. 

"Kami berusaha untuk memastikan konten yang melanggar aturan kami tidak terlihat secara luas, atau bahkan tidak dilihat sama sekali, sebelum dihapus," jelas YouTube.

Pada Juni lalu, YouTube membuat pembaruan aturan anti ujaran kebencian. Pembaruan saat ini menghapus video yang menampilkan pandangan supremasi, serta video yang menyangkal keberadaan peristiwa kekerasan yang terdokumentasi. 

Meski demikian, YouTube tidak merinci kapan aturan yang baru ini akan resmi diterapkan ke platform tersebut. 

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment