Bakal Jadi Tuan Rumah, Sekjen TPO Kunjungi Samosir

Kunjungan Sekretaris Jenderal (Sekjen) TPO for Asia Pacific Cities Kim Soo-Il bersama anggota lainnya ke Samosir dan melakukan temu pers di Rumah Dinas Bupati Samosir, Selasa (29/10/2019)
PARTUKKOAN.com

Sekretaris Jenderal (Sekjen) TPO for Asia Pacific Cities Kim Soo-Il berkunjung ke Samosir dalam rangka persiapan Sumut sebagai tuan rumah General Assembly TPO ke-10, di Rumah Dinas Bupati Samosir, Pangururan, Samosir, Selasa (29/10/2019).

Sidang Umum (General Assembly) ke-10 Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities akan digelar di Sumatera Utara (Sumut) pada November 2021. Diperkirakan sebanyak 1.500 pejabat dari 16 negara akan mengunjungi daerah ini.

Kabupaten Samosir sendiri sudah menjadi anggota dari Tourism Promotion Organization (TPO) pada konferensi tingkat internasional di Busan, Korea Selatan. Untuk Tahun 2021, Provinsi Sumatra Utara akan menjadi tuan rumah Konferensi TPO dan Kabupaten Samosir menjadi salah satu dari kabupaten penyelenggara acara tersebut.

Terpilihnya Sumut menjadi tuan rumah Sidang Umum Rapat Tahunan TPO berkat bantuan Prof. Kim. Kedatangan mereka saat ini untuk melihat Samosir sebagai salah satu tempat kunjungan para peserta nantinya sehingga dapat menjadi rekomendasi mereka kepada anggota TPO.

Di hadapan sekjend TPO, Bupati Samosir juga menjelaskan bahwa saat ini Kabupaten Samosir sedang melakukan pembangunan infrastruktur dan objek-objek wisata yang diperkirakan akan selesai awal tahun 2021, dan apabila sidang TPO dilaksanakan September 2021 pihaknya benar-benar sudah siap sebagai tuan rumah penyelenggara.

Lebih lanjut, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menjelaskan, setelah mengikuti sidang TPO, perjuangan dan keberpihakan Mr Kim menjadikan Sumut menjadi tuan rumah harus diapresiasi karena beranggotakan 16 negara dan 126 Kab/kota peserta se-Asia Pasifik.

"Karena Samosir menjadi destinasi kunjungan delegasi TPO, Mr Kim meninjau. Pembangunan objek wisata yang akan selesai. Satu-satunya daerah yang dikunjungi adalah Kabupaten Samosir,” ucapnya.

Dilihat dari sisi keuntungan menjadi anggota TPO, Bupati Samosir menyebutkan, TPO akan mempromosikan Sumut dan Samosir untuk dikunjungi wisatawan.

"Tentu penyebaran dan promosinya akan semakin cepat dan ini hal yang sangat positif sehingga Kabupaten Samosir semakin baik," ujar Rapidin Simbolon.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua yang turut hadir bersama Sekjen TPO menyampaikan akan terus bekerja sama dengan Pemkab Samosir sebagai tuan rumah dalam mendukung kesuksesan acara Sidang Umum TPO ini.

Lebih lanjut Kadis Pariwisata Sumut menjelaskan untuk menjadi tuan rumah yang baik dan suksesnya acara sidang TPO ini, pemerintah provinsi dan Pemkab Samosir akan memperhatikan 3 aspek penting dalam kepariwisataan yaitu amenitas, atraksi dan aksesibilitas.

Sebagai informasi, Tourism Promotion Organization (TPO) merupakan organisasi internasional terbesar yang bergerak di bidang pariwisata, berdiri sejak tahun 2002 TPO dilahirkan untuk memudahkan jaringan antar kabupaten/kota untuk mempromosikan pertukaran dan pengembangan industri pariwisata di kawasan Asia Pasifik.

Setelah melakukan pertemuan dengan Pemkab Samosir dan temu pers, rombongan melakukan survey ke beberapa destinasi wisata untuk tempat kegiatan TPO 2021 nanti. (Fs)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment