Mendapat Tekanan Saat Buat Keputusan, Hakim di Thailand Tembak Diri Sendiri

Ilustrasi | tembak diri sendiri
PARTUKKOAN.com

BANGKOK - Seorang hakim di Thailand mengaku mendapat tekanan dari hakim seniornya ketika mengambil keputusan. Tekanan itu memaksa hakim tersebut untuk menjatuhi hukuman mati kepada terdakwa.

Mendapat tekanan, hakim itu akhirnya menembakkan diri dengan pistol dibagian dadanya saat sedang bersidang sebagai upaya bunuh diri.

Ia adala Hakim Khanakorn Pianchana yang memimpin persidangan sebuah kasus yang melibatkan tuduhan pembunuhan dan senjata api terhadap lima pria di pengadilan provinsi di Kota Yala, selatan Thailand.

Pernyataan yang dikaitkan dengan hakim itu dibagikan secara luas di media sosial sebelum keputusannya. 

Melasir dri Bangkok Post, pada sabtu bahwa dalam pernyataan itu diklaim bahwa hakim senior telah memerintahkan Khanakorn untuk mengubah vonisnya menjadi bersalah, dengn keputusan berarti menjatuhkan hukuman mati kepada tiga terdakwa di persidangan dan mengirim dua lainnya ke penjara.

“Pada saat ini, sesama hakim lain di Courts of First Instance di seluruh negeri diperlakukan dengan cara yang sama seperti saya. (Jika) saya tidak bisa memegang sumpah jabatan, saya lebih baik mati daripada hidup tanpa kehormatan," demikian disampaikan dalam pernyataan itu sebagaimana dilansir RT. 

Pesan itu dilaporkan pertama kali di-posting di halaman Facebook Khanakorn namun tidak dapat ditemukan di sana pada saat berita diturunkan.

Khanakorn membebaskan orang-orang yang melakukan pembunuhan dan tuduhan senjata api dengan alasan kurangnya bukti. Dia kemudian mengeluarkan pistol dan menembak dirinya sendiri di dada yang diduga sebagi upaya untuk mengakhiri hidupnya.

Sang hakim dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi setelah kejadian itu. Luka-lukanya tidak mengancam jiwa tetapi dia masih dirawat di unit perawatan intensif di rumah sakit di Yala.

Pasca kelakukannya itu, timbul kekhawatiran tentang independensi peradilan di Thailand. 

Meski demikian, juru bicara Kantor Kehakiman mengatakan kepada Bangkok Post bahwa Khanakorn menembak dirinya sendiri karena dia memiliki masalah pribadi dan berada di bawah tekanan.

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment