Pagi Ini, Samosir Kembali Diselimuti Kabut Asap

Kondisi kabut asap di Samosir yang dipantau dari Jalan Danau Toba Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Rabu (16/10/2019) | foto: FS
PARTUKKOAN.com

Pagi ini, Rabu (16/10/2019) kondisi Samosir kembali diselimuti kabut asap. Kabut asap yang terpantau media ini pun cukup banyak, bahkan menutupi pegunungan di bagian selatan.

Munculnya kabut asap tersebut diduga asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

Informasi yang dihimpun partukkoan, sesuai data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), dari pantauan jalur udara, terdapat 18 titik api (hotspot) yang tergolong besar dengan keakuratan 80% di wilayah Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyebut titik api yang terpantau kebanyakan di lahan gambut dan sebagian lagi di lahan kosong yang tersebar di 16 desa di Kabupaten OKI dan Musi Banyuasin

Menanggapi kabut asap yang melanda Samosir, sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan dr. Nimpan Karokaro mengimbau agar masyarakat banyak mengkonsumsi air putih.

"Kurangi keluar rumah yang tidak perlu, dan jika pun keluar rumah pakai lah masker, agar tidak terjangkit penyakit ISPA (Inpeksi Saluran Pernapasan) yang dapat memengaruhi hidung, tenggorokan, dan saluran udara," kata dr.Nimpan.

Sementara aktivitas masyarakat Samosir terpantau masih berjalan baik. Beberapa pengendara juga terlihat ada yang menggunakan masker. (Freddy)

loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment