Pemkab Samosir Peringati Hari Ulos Dan HKN

Bupati dan Wabup Samosir gunakan ulos pada Hari Ulos Nasional di halaman Kantor Bupati Samosir, Kamis (17/10). | ist
PARTUKKOAN.com

SAMOSIR - Pemerintah Kanupaten Samosir menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dirangkai dengan Hari Ulos di halaman Kantor Bupati Samosir, Kamis (17/10). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM. 

Turut hadir Wakil Bupati Ir. Juang Sinaga, Sekdakab, Asisten, SAB, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, FKTM serta seluruh ASN di lingkungan Pemkab Samosir. Sebagai bentuk peringatan hari ulos, seluruh peserta upacara mengenakan pakaian resmi yang dipadu dengan Ulos Batak.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dalam arahannya menyampaikan agar melalui acara ini dapat terus memberikan sentuhan semangat dan sikap aparatur dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara 

"Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih makin sejahtera, mandiri dan berdaya saing. Momen ini juga merupakan wahana yang tepat untuk melakukan evaluasi intropeksi atas ketidaksempurnaan atas berbagai hal yang seharusnya kita syukuri," ungkap Rapidin.

Ditambahkan, bahwa peringatan Hari Ulos dilaksanakan setelah Ulos ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 153982G/MPK.A/D/2014 tentang Ulos Batak Toba Sebagai Warisan Budaya Takbenda. 

"Samosir sebagai asal muasal Suku Batak, sebagai warga negara, sudah sepatutnya kita bangga dan mau melestarikan warisan para leluhur kita dengan berbagai ekspresi dan selebarasi," tambahnya.

Ulos katanya sudah menjadi bagian yang melekat dalam kehidupan kita mulai dari kelahiran sampai kematian, acara sukacita dan dukacita, bahkan seiring perkembangan jaman sudah menjadi cenderamata bagi para tamu istimewa dan bahkan menjadi produk fashion bernilai seni tinggi.

Dalam rangkaian acara tersebut Bupati Samosir juga memberi penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada Camat, Kepala Desa dan Lurah yang telah melakukan tata kelola PBB-P2 tahun 2019 dengan baik. 

Yang menerima penghargaan diantaranya Camat Sianjur Mulamula, Desa Hutanamora dan Kelurahan Tuktuk Siadong sebagai tercepat lunas 100 % PBB-P2 Tahun 2019.

Pada kesempatan itu juga digelar pertunjukan Tortor 5 Puak oleh Sanggar Tunas Kelapa dan Manortor bersama "Sipitu Gondang" yang dipandu oleh Ketua FKTM Samosir. (FS)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment