Berkunjung ke Simanindo, Vandiko Gultom Siap Benahi Fasilitas Pertanian

Acara adat istiadat pada pertemuan Vandiko Gultom dengan warga Simanindo | JM
PARTUKKOAN.com

Bakal Calon Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan kunjungan ke Desa Dos Roha Kecamatan Simanindo Minggu (18/11). Pria muda itu mendapat sambutan hangat dan sukacita dari ratusan warga yang hadir.

Pada kesempatan itu, Vandiko mengatakan, bahwa salah satu faktor untuk membangun Samosir menjadi sejahtera dan bermartabat adalah dari pertanian. Menurutnya, kesejahteraan itu akan terwujud ketika para petani di Samosir makmur.

"Mari bergandeng tangan, bersama kita bisa, Petani Samosir Makmur dan Sejahtera, Kabupaten Samosir pasti bermartabat," katanya dan disambut warga dengan yel yel Vandiko di hati, Vandiko yes, Vandiko menang.

Informasi yang dihimpun, warga yang hadir berasal dari 6 desa yakni, Desa Sakkal, Sihusapi, Simarmata, Dosroha, Simanindo dan Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo. Pertemuan dengan warga itu juga diwarnai sesi tanya jawab.

Momen tersebut kemudian dijadikan warga untuk mengungkapkan kendala dan keluh kesah mereka terkait pertanian. Warga yang hadir yang bekerja sebagai petani mengharapkan adanya mesin pemanen jagung.

Menanggapi hal itu, Vandiko Gultom siap membenahi dan membantu para petani di Samosir. "Ketika Saya dipercaya nantinya untuk memimpin Samosir, saya akan membenahi fasilitas pertanian seperti alat olah pemanen jagung dan penjemuran biji jagung dengan alat modern untuk petani jagung," sebutnya.

Kemudian dibidang pariwisata lanjut Vandiko, dirinya akan merevitalisasi sarana dan prasarana objek pariwisata yang ada disana. Hal itu lanjut Vandiko, karena Kecamatan Simanindo merupakan daerah wisata.

"Kemajuan Kabupaten Samosir dibidang parawisata harus didukung SDM yang unggul serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana," tutur Putra Ober Gultom itu.

Usai memaparkan visi misinya, Bakal Calon Bupati Samosir ini mendapat applause dari warga yang hadir dan mereka siap mendukung Vandiko.

"Kami berikrar mendukung dan mengawal proses agar Vandiko Gultom jadi Bupati (parhobas) di Samosir," ucap mereka.  

Sebagai bentuk dukungan, tokoh masyarakat yang hadir mendoakan dan menggelar acara pembekalan (Paborhathon-red) Vandiko Gultom menuju Samosir I.

Adapun yang diberikan tokoh masyarakat kepada Vandiko Gultom sesuai dengan tradisi adat budaya batak yaitu: Harbua pir (Beras), Napuran Tiar (sirih), Nitak Nihopingan, Miak-miak (telur) dan aek sitiotio, Anggir Pangurason (Jeruk Purut) yang dibalut ulos Surisuri Ganjang (Kain Tenun), sembari mengatakan "dapot na niluluan jumpang na jinalahan".

Diakhir acara dengan penuh rasa haru, Vandiko Gultom mengucapkan terima kasih kepada warga dan berusaha untuk mewujudkan harapan warga.

"ingotonku do Amang angka napinangido ni amang, inang, lae, ito, dan haha anggikku. Sai dipargogoi Tuhan ma hita asa saut gabe pangkobasi Samosir, mauliate horas," pungkas Vandiko. (JM)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri M

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment