Ini Salah Satu Cara Pemkab Samosir Tingkatkan PAD


PARTUKKOAN.com

Untuk meningkatkan serta mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten Samosir menyediakan serta memasang alat monitoring transaksi usaha (tapping box). Penyediaan itu bekerja sama dengan pihak Bank Sumut dan pengoptimalan PAD itu berasal dari obyek pajak hotel, restoan dan hiburan.

"Akan mulai digunakan pada tahun 2020," ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Samosir, Hotraja Sitanggang kepada wartawan, Kamis (28/11/2019) di Pangururan.

Hotraja melanjutkan, penyediaan Tapping Box adalah tindak lanjut kerjasama Pemkab Samosir dengan Bank Sumut dan Telkom Indonesia sebagai vendor. 

"Ini sesuai dengan saran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui program Koordinasi Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah)," tandasnya.

Tapping Box ini lanjut Hotraja, dapat mengontrol dan mengawasi transaksi para pengusaha terkait penerimaan pajak daerah sekaligus mencegah los potensi pajak daerah serta meningkatkan transparansi.

Bapenda Samosir akan memulai pemasangan Tapping Box dengan melakukan sosialisasi tahap pertama dengan menghadirkan 22 pengelola hotel dan restoran.

"Pada tahun 2020 diharapkan semua hotel, restauran dan hiburan yang potensial sudah terpasang tapping box," sebutnya.

Proyek uji coba tapping box akan dilakukan launching  Jumat, (29/11/2019) dimulai dari Hotel Samosir Cottage di Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo dan Restoran Palito di Kecamatan Pangururan.

Data tapping box secara online akan masuk ke server Pemerintah Kabupaten  sehingga terpantau potensi pajak yang terjadi di tempat usaha. (Rel)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment