Makanan Khas Batak Ini Ternyata Sudah Mulai Hilang

Ilustrasi makanan khas batak | Kolase foto
PARTUKKOAN.com

SAMOSIR - Berbagai macam Suku di Nusantara memiliki khas tersendiri. Selain adat dan budayanya yang unik dan berbeda ternyata juga memiliki makanan khas.

Sayangnya, makanan khas itu ternyata semakin hari semakin tergerus oleh zaman. Makanan khas semakin ditinggalkan, hal ini diduga lantaran banyaknya makanan yang bermunculan. Padahal kuliner itu sesungguhnya merupakan keunikan yang layak untuk dilestarikan. Sebut saja salah satunya adalah makanan khas Suku Batak.

Suku Batak memiliki berbagai macam jenis makanan khas yang unik yakni: Lappian, Sipitudai, Naniura, Natinombur, Napinadar, Sirapege, Naniarsik dan masih banyak lagi.

Dari beberapa jenis makanan tersebut hanya sebahagian yang masih dikonsumsi sampai sekarang yakni: Napinadar, Natinombur dan Naniarsik, sedangkan Lappian, Sipitudai dan Sirapege sudah sangat jarang ditemukan di zaman sekarang.

Sehingga, untuk menunjang pariwisata, wisata kuliner dari Khas Batak juga layak untuk dimunculkan kembali, selain rasanya yang khas, cara mengolahnya juga unik, diantaranya Lappian, Sipitudai dan Sirapege.

Lappian adalah makanan yang bahan dasarnya yang terbuat dari daging, khususnya daging kerbau dan daging sapi serta menir dari beras. Cara pengolahannya cukup extrim, karena daging dibiarkan sampai mulai membusuk, kemudian dimasak bersama menir. Kendati demikian, setelah siap dimasak, Lappian sangat enak disantap dan tidak terdapat bau saat dimakan.

Sementara, Sipitudai adalah makanan khas batak yang bahan dasarnya terbuat dari Kepala Kuda. Zaman dulu setiap ada pesta yang membuat daging kuda sebagai makanan pada pesta itu, kerap kali Kepala Kuda itu dibuat jadi Lappian. 

Cara pengolahanya tidak sesulit membuat Lappian. Membuat Sipitidai cukup mudah, Selain tulang seluruh isi dari bagian kepala kuda, mulai dari mata, otak, telinga dan kulitnya dimasak lama hingga jadi bubur. Sipitudai rasanya sangat lezat dan membuat ketagihan.

Kemudian Sirapege adalah makanan yang bahan dasarnya juga terbuat dari daging, biasanya bahan yang digunakan adalah daging ayam kampung, cara membuatnya juga cukup sederhana.

Ayam cukup dipanggang tapi tidak terlalu matang, kemudian dagingnya diasingkan dari tulangnya lalu dipotong potong. Cara mengkonsumsinya adalah dengan mengambil sepotong daging, sepotong jahe mentah, sepotong Bawang Merah mentah dan Cabe Rawit mentah, lalu memakannya secara bersamaan. Makanan ini juga rasanya enak dan membuat orang jadi ketagihan.

Namun pantauan penulis, ketiga makanan ini sudah sangat jarang ditemukan. Hal ini diduga karena banyaknya jenis makanan makanan baru yang bermunculan dan juga makanan yang siap saji. (JES)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment